EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE THINK PAIR SHARE DAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Kebakkramat Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: JAYANTI, INTAN TRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15579/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15579/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15579/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15579/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15579/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15579/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15579/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15579/18/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15579/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share dan Student Team Heroic Leadership tehadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 2 Kebakkramat tahun ajaran 2011/2012 sebanyak tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan metode lilliefors dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada   5%, diperoleh: (1) ada pengaruh antara metode pembelajaran Think Pair Share dan Student Team Heroic Leadership tehadap prestasi belajar matematika, dengan FA > Ftabel, yaitu 4,847 > 4,007. Lebih jauh, maka prestasi belajar matematika menggunakan metode Think Pair Share lebih baik daripada Student Team Heroic Leadership dengan rata-rata 73,81 > 67,66, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb > Ftabel, yaitu 28,125 > 3,156. Ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin baik prestasi yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa, maka semakin rendah pula prestasi belajar matematikanya, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab < Ftabel, yaitu 0,374 < 3,156.