PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SMP N 2 PENAWANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | MUNAWAROH, SITI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15543/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/11/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/14/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/ |
ctrlnum |
15543 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15543/</relation><title>PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SMP N 2 PENAWANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>MUNAWAROH, SITI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) Pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) Pengaruh aktivitas belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar ekonomi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang aktif dalam kegiatan OSIS pada SMP N 2 Penawangan yaitu berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji f) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t) dan perhitungan koefisien determinasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh thitung> ttabel, yaitu 3,023>2,052 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,005. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan analisis diperoleh thitung< ttabel, yaitu -0,617<2,052 dan nilai probabilitas signifikansi > 0,05, yaitu 0,543. 3). Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara aktivitas belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 5,262 > 3,354 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012. 4) Variabel aktivitas belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS memberikan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar sebesar 28%, sedangkan sisanya 72% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15543/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15543/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15543/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15543/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15543/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15543/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15543/11/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15543/14/Lampiran-Lampiran.pdf</identifier><identifier> MUNAWAROH, SITI (2011) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SMP N 2 PENAWANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210070115</relation><recordID>15543</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
MUNAWAROH, SITI |
title |
PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SMP N 2 PENAWANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15543/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/11/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/14/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/15543/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) Pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) Pengaruh aktivitas belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar ekonomi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang aktif dalam kegiatan OSIS pada SMP N 2 Penawangan yaitu berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji f) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t) dan perhitungan koefisien determinasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh thitung> ttabel, yaitu 3,023>2,052 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,005. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan analisis diperoleh thitung< ttabel, yaitu -0,617<2,052 dan nilai probabilitas signifikansi > 0,05, yaitu 0,543. 3). Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara aktivitas belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 5,262 > 3,354 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012. 4) Variabel aktivitas belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS memberikan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar sebesar 28%, sedangkan sisanya 72% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
id |
IOS2728.15543 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:16Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810583706271744 |
score |
17.538404 |