PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | SUHIRMAN, MUH. |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15540/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/12/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/16/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/22/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/ |
ctrlnum |
15540 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15540/</relation><title>PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN
TAHUN PELAJARAN 2010/2011</title><creator>SUHIRMAN, MUH.</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan: mengetahui pengaruh pembelajaran dengan simulasi permainan monopoli terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Masaran. Sampel diambil menggunakan
teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 3 dan kelompok kontrol sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 1. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil
analisis data pada α= 5 % diperoleh ttabel = 1,987 dan thitung = 4,039 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan simulasi
permainan monopoli berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli menjadikan
siswa lebih mampu memecahkan masalah matematika dibandingkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/10/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/12/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/16/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/22/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SUHIRMAN, MUH. (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410950075</relation><recordID>15540</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SUHIRMAN, MUH. |
title |
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN
TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15540/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/12/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/16/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/22/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15540/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan: mengetahui pengaruh pembelajaran dengan simulasi permainan monopoli terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Masaran. Sampel diambil menggunakan
teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 3 dan kelompok kontrol sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 1. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil
analisis data pada α= 5 % diperoleh ttabel = 1,987 dan thitung = 4,039 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan simulasi
permainan monopoli berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli menjadikan
siswa lebih mampu memecahkan masalah matematika dibandingkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar. |
id |
IOS2728.15540 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:16Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810583693688832 |
score |
17.538404 |