PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: SUHIRMAN, MUH.
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15540/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/12/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/16/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/
ctrlnum 15540
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15540/</relation><title>PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN&#xD; TAHUN PELAJARAN 2010/2011</title><creator>SUHIRMAN, MUH.</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan: mengetahui pengaruh pembelajaran dengan simulasi permainan monopoli terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Masaran. Sampel diambil menggunakan&#xD; teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 3 dan kelompok kontrol sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 1. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil&#xD; analisis data pada &#x3B1;= 5 % diperoleh ttabel = 1,987 dan thitung = 4,039 karena thitung &gt; ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan simulasi&#xD; permainan monopoli berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli menjadikan&#xD; siswa lebih mampu memecahkan masalah matematika dibandingkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli dapat dijadikan sebagai salah satu&#xD; alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/10/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/12/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/16/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15540/22/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SUHIRMAN, MUH. (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410950075</relation><recordID>15540</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SUHIRMAN, MUH.
title PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/15540/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/12/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/16/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15540/
contents Penelitian ini bertujuan: mengetahui pengaruh pembelajaran dengan simulasi permainan monopoli terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Masaran. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 3 dan kelompok kontrol sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 1. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada α= 5 % diperoleh ttabel = 1,987 dan thitung = 4,039 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan simulasi permainan monopoli berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli menjadikan siswa lebih mampu memecahkan masalah matematika dibandingkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.
id IOS2728.15540
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:16Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810583693688832
score 17.538404