UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (PTK di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Gesi Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: MUKTIANINGSIH, RINA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15539/1/2._Cover-Abstrak.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/5/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/9/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/13/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/17/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/20/8._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/22/9._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/
ctrlnum 15539
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15539/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (PTK di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Gesi Tahun Ajaran 2011/2012)</title><creator>MUKTIANINGSIH, RINA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Means Ends Analysis pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Gesi yang berjumlah 33 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIIF SMP Negeri 1 Gesi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan operasi bentuk aljabar melalui model Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keaktifan, yaitu: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 09,09% dan diakhir tindakan mencapai 39,39%, 2) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 36,36% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 3) Keaktifan siswa dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,27% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%, 4) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,12% dan diakhir tindakan mencapai 48,48%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar dapat meningkatkan keaktifan siswa.&#xD; Kata kunci : Means Ends Analysis, keaktifan siswa, Operasi Bentuk Aljabar</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15539/1/2._Cover-Abstrak.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15539/2/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15539/5/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15539/9/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15539/13/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15539/17/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15539/20/8._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15539/22/9._Lampiran.pdf</identifier><identifier> MUKTIANINGSIH, RINA (2011) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (PTK di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Gesi Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070181</relation><recordID>15539</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MUKTIANINGSIH, RINA
title UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (PTK di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Gesi Tahun Ajaran 2011/2012)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/15539/1/2._Cover-Abstrak.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/5/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/9/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/13/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/17/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/20/8._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/22/9._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15539/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Means Ends Analysis pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Gesi yang berjumlah 33 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIIF SMP Negeri 1 Gesi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan operasi bentuk aljabar melalui model Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keaktifan, yaitu: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 09,09% dan diakhir tindakan mencapai 39,39%, 2) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 36,36% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 3) Keaktifan siswa dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,27% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%, 4) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,12% dan diakhir tindakan mencapai 48,48%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar dapat meningkatkan keaktifan siswa. Kata kunci : Means Ends Analysis, keaktifan siswa, Operasi Bentuk Aljabar
id IOS2728.15539
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:16Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810583690543104
score 17.538404