PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri)

Main Author: AZIZAH, IRMA NUR
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15538/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/11/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/15/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/21/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/
ctrlnum 15538
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15538/</relation><title>PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri)</title><creator>AZIZAH, IRMA NUR </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan: meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran&#xD; matematika melalui strategi make a match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian&#xD; Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN&#xD; II Gambiranom Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25&#xD; siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksanaan tindakan&#xD; adalah peneliti. Subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan&#xD; kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode&#xD; observasi, catatan lapangan, review dan metode dokumentasi. Teknik analisis data&#xD; dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini&#xD; yaitu Adanya peningkatan kemandirian siswa pada pembelajaran matematika&#xD; meliputi a) mendiskusikan soal sebelum dilakukan tindakan 36% meningkat&#xD; menjadi 52% b) menjawab pertanyaan dari guru sebelum dilakukan tindakan 24%&#xD; meningkat menjadi 56% c) mengerjakan soal-soal latihan tanpa bantuan orang&#xD; lain sebelum dilakukan tindakan 35% meningkat menjadi 76% d) mengerti dan&#xD; dapat melakukan langkah pendekatan make a match dalam kelompok sebelum&#xD; dilakukan tindakan 0% meningkat menjadi 60%. Kesimpulan dari penelitian ini&#xD; adalah penerapan pendekatan make a match dapat meningkatkan kemandirian&#xD; siswa dalam pembelajaran matematika.&#xD; Kata Kunci: Kemandirian, Pendekatan Make A Match</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/11/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/15/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/21/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> AZIZAH, IRMA NUR (2011) PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410050114</relation><recordID>15538</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author AZIZAH, IRMA NUR
title PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/15538/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/11/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/15/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/21/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15538/
contents Penelitian ini bertujuan: meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi make a match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu Adanya peningkatan kemandirian siswa pada pembelajaran matematika meliputi a) mendiskusikan soal sebelum dilakukan tindakan 36% meningkat menjadi 52% b) menjawab pertanyaan dari guru sebelum dilakukan tindakan 24% meningkat menjadi 56% c) mengerjakan soal-soal latihan tanpa bantuan orang lain sebelum dilakukan tindakan 35% meningkat menjadi 76% d) mengerti dan dapat melakukan langkah pendekatan make a match dalam kelompok sebelum dilakukan tindakan 0% meningkat menjadi 60%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan make a match dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Kemandirian, Pendekatan Make A Match
id IOS2728.15538
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:16Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810583687397376
score 17.538404