PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri)
Main Author: | AZIZAH, IRMA NUR |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15538/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/6/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/11/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/15/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/21/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/ |
ctrlnum |
15538 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15538/</relation><title>PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri)</title><creator>AZIZAH, IRMA NUR </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan: meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran
matematika melalui strategi make a match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN
II Gambiranom Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25
siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksanaan tindakan
adalah peneliti. Subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan
kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
observasi, catatan lapangan, review dan metode dokumentasi. Teknik analisis data
dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini
yaitu Adanya peningkatan kemandirian siswa pada pembelajaran matematika
meliputi a) mendiskusikan soal sebelum dilakukan tindakan 36% meningkat
menjadi 52% b) menjawab pertanyaan dari guru sebelum dilakukan tindakan 24%
meningkat menjadi 56% c) mengerjakan soal-soal latihan tanpa bantuan orang
lain sebelum dilakukan tindakan 35% meningkat menjadi 76% d) mengerti dan
dapat melakukan langkah pendekatan make a match dalam kelompok sebelum
dilakukan tindakan 0% meningkat menjadi 60%. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah penerapan pendekatan make a match dapat meningkatkan kemandirian
siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Kemandirian, Pendekatan Make A Match</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/11/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/15/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15538/21/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> AZIZAH, IRMA NUR (2011) PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410050114</relation><recordID>15538</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
AZIZAH, IRMA NUR |
title |
PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri) |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15538/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/6/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/11/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/15/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/21/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15538/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan: meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran
matematika melalui strategi make a match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN
II Gambiranom Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25
siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksanaan tindakan
adalah peneliti. Subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan
kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
observasi, catatan lapangan, review dan metode dokumentasi. Teknik analisis data
dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini
yaitu Adanya peningkatan kemandirian siswa pada pembelajaran matematika
meliputi a) mendiskusikan soal sebelum dilakukan tindakan 36% meningkat
menjadi 52% b) menjawab pertanyaan dari guru sebelum dilakukan tindakan 24%
meningkat menjadi 56% c) mengerjakan soal-soal latihan tanpa bantuan orang
lain sebelum dilakukan tindakan 35% meningkat menjadi 76% d) mengerti dan
dapat melakukan langkah pendekatan make a match dalam kelompok sebelum
dilakukan tindakan 0% meningkat menjadi 60%. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah penerapan pendekatan make a match dapat meningkatkan kemandirian
siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Kemandirian, Pendekatan Make A Match |
id |
IOS2728.15538 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:16Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810583687397376 |
score |
17.538404 |