PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang )

Main Author: MANDARI, SEPTINA EKA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15537/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/7/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/8/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/13/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/16/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/19/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/22/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/
ctrlnum 15537
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15537/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang )</title><creator>MANDARI, SEPTINA EKA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi, rendahnya kamampuan komunikasi&#xD; matematika. Bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Practice Rehearsal&#xD; Pairs dalam pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi&#xD; matematika melalui strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam&#xD; pembelajaran matematika. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang&#xD; dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VII, yang&#xD; dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian, guru kelas VII F SMP Negeri 2&#xD; Gondang Kab. Sragen sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VII F yang&#xD; berjumlah 36 orang sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data,&#xD; observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data&#xD; dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis&#xD; sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses&#xD; pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan&#xD; siswa dalam mengajukan pertanyaan, dari 14% menjadi 50%; 2) Ada peningkatan&#xD; kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 22% menjadi 58%; 3) Ada&#xD; peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat/ide, dari 19%&#xD; menjadi 53%; 4) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam kerja kelompok, dari&#xD; 28% menjadi 56%; 5) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam&#xD; mempresentasika hasil pekerjaan, dari 25% menjadi 78%; dan 6) Ada peningkatan&#xD; kemampuan siswa dalam mengerjakan soal dengan KKM 65, dari 31% menjadi&#xD; 83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran&#xD; Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa&#xD; dalam pembelajaran matematika.&#xD; Kata kunci: Kemampuan Komunikasi, Practice Rehearsal Pairs</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/7/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/8/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/13/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/16/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/19/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/22/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MANDARI, SEPTINA EKA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070044</relation><recordID>15537</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MANDARI, SEPTINA EKA
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang )
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/15537/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/7/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/8/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/13/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/16/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/19/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/22/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15537/
contents Penelitian ini dilatar belakangi, rendahnya kamampuan komunikasi matematika. Bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VII, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian, guru kelas VII F SMP Negeri 2 Gondang Kab. Sragen sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VII F yang berjumlah 36 orang sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan, dari 14% menjadi 50%; 2) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 22% menjadi 58%; 3) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat/ide, dari 19% menjadi 53%; 4) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam kerja kelompok, dari 28% menjadi 56%; 5) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mempresentasika hasil pekerjaan, dari 25% menjadi 78%; dan 6) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal dengan KKM 65, dari 31% menjadi 83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi, Practice Rehearsal Pairs
id IOS2728.15537
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:16Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810583683203072
score 17.538404