PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang )
Main Author: | MANDARI, SEPTINA EKA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15537/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/7/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/8/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/13/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/16/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/19/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/22/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/ |
ctrlnum |
15537 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15537/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang )</title><creator>MANDARI, SEPTINA EKA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi, rendahnya kamampuan komunikasi
matematika. Bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Practice Rehearsal
Pairs dalam pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
matematika melalui strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam
pembelajaran matematika. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang
dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VII, yang
dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian, guru kelas VII F SMP Negeri 2
Gondang Kab. Sragen sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VII F yang
berjumlah 36 orang sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data,
observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis
sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses
pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan
siswa dalam mengajukan pertanyaan, dari 14% menjadi 50%; 2) Ada peningkatan
kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 22% menjadi 58%; 3) Ada
peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat/ide, dari 19%
menjadi 53%; 4) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam kerja kelompok, dari
28% menjadi 56%; 5) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam
mempresentasika hasil pekerjaan, dari 25% menjadi 78%; dan 6) Ada peningkatan
kemampuan siswa dalam mengerjakan soal dengan KKM 65, dari 31% menjadi
83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran
Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa
dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi, Practice Rehearsal Pairs</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/7/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/8/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/13/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/16/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/19/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15537/22/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MANDARI, SEPTINA EKA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070044</relation><recordID>15537</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
MANDARI, SEPTINA EKA |
title |
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang ) |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15537/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/7/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/8/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/13/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/16/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/19/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/22/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15537/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi, rendahnya kamampuan komunikasi
matematika. Bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Practice Rehearsal
Pairs dalam pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
matematika melalui strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam
pembelajaran matematika. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang
dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VII, yang
dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian, guru kelas VII F SMP Negeri 2
Gondang Kab. Sragen sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VII F yang
berjumlah 36 orang sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data,
observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis
sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses
pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan
siswa dalam mengajukan pertanyaan, dari 14% menjadi 50%; 2) Ada peningkatan
kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 22% menjadi 58%; 3) Ada
peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat/ide, dari 19%
menjadi 53%; 4) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam kerja kelompok, dari
28% menjadi 56%; 5) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam
mempresentasika hasil pekerjaan, dari 25% menjadi 78%; dan 6) Ada peningkatan
kemampuan siswa dalam mengerjakan soal dengan KKM 65, dari 31% menjadi
83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran
Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa
dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi, Practice Rehearsal Pairs |
id |
IOS2728.15537 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:16Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810583683203072 |
score |
17.538404 |