PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
Main Author: | RAHMAWATI, NOVIANA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15531/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/5/bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/8/Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/23/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/ |
ctrlnum |
15531 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15531/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)</title><creator>RAHMAWATI, NOVIANA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika melalui model pembelajaran instruksi langsung. Jenis penelitian kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMPIT Nur Hidayah Surakarta, yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator: a) menjawab pertanyaan dari guru, sebelum tindakan 7,14%, putaran I 13,36%, putaran II 26,78%, dan di akhir 50,73%. b) mengemukakan gagasan , sebelum tindakan 7,14%, putaran I 15,51%, putaran II 28,57% dan di akhir tindakan 54,43%, c) aktif bekerjasama dalam kelompok, sebelum tindakan 0%, putaran I 19,45%, putaran II 41,07% dan di akhir tindakan 78,04%, d) mengerjakan tugas rumah, sebelum tindakan 39,28%, putaran I 54,87%, putaran II 75% dan di akhir tindakan 94,51%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran instruksi langsung dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/5/bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/8/Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/23/Lampiran.pdf</identifier><identifier> RAHMAWATI, NOVIANA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070263</relation><recordID>15531</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
RAHMAWATI, NOVIANA |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15531/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/5/bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/8/Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/23/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/15531/ |
contents |
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika melalui model pembelajaran instruksi langsung. Jenis penelitian kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMPIT Nur Hidayah Surakarta, yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator: a) menjawab pertanyaan dari guru, sebelum tindakan 7,14%, putaran I 13,36%, putaran II 26,78%, dan di akhir 50,73%. b) mengemukakan gagasan , sebelum tindakan 7,14%, putaran I 15,51%, putaran II 28,57% dan di akhir tindakan 54,43%, c) aktif bekerjasama dalam kelompok, sebelum tindakan 0%, putaran I 19,45%, putaran II 41,07% dan di akhir tindakan 78,04%, d) mengerjakan tugas rumah, sebelum tindakan 39,28%, putaran I 54,87%, putaran II 75% dan di akhir tindakan 94,51%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran instruksi langsung dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. |
id |
IOS2728.15531 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:16Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810583663280128 |
score |
17.538404 |