PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: RAHMAWATI, NOVIANA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15531/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/5/bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/8/Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/23/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/
ctrlnum 15531
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15531/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)</title><creator>RAHMAWATI, NOVIANA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika melalui model pembelajaran instruksi langsung. Jenis penelitian kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMPIT Nur Hidayah Surakarta, yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator: a) menjawab pertanyaan dari guru, sebelum tindakan 7,14%, putaran I 13,36%, putaran II 26,78%, dan di akhir 50,73%. b) mengemukakan gagasan , sebelum tindakan 7,14%, putaran I 15,51%, putaran II 28,57% dan di akhir tindakan 54,43%, c) aktif bekerjasama dalam kelompok, sebelum tindakan 0%, putaran I 19,45%, putaran II 41,07% dan di akhir tindakan 78,04%, d) mengerjakan tugas rumah, sebelum tindakan 39,28%, putaran I 54,87%, putaran II 75% dan di akhir tindakan 94,51%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran instruksi langsung dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/5/bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/8/Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15531/23/Lampiran.pdf</identifier><identifier> RAHMAWATI, NOVIANA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070263</relation><recordID>15531</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RAHMAWATI, NOVIANA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/15531/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/5/bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/8/Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/23/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15531/
contents Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika melalui model pembelajaran instruksi langsung. Jenis penelitian kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMPIT Nur Hidayah Surakarta, yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator: a) menjawab pertanyaan dari guru, sebelum tindakan 7,14%, putaran I 13,36%, putaran II 26,78%, dan di akhir 50,73%. b) mengemukakan gagasan , sebelum tindakan 7,14%, putaran I 15,51%, putaran II 28,57% dan di akhir tindakan 54,43%, c) aktif bekerjasama dalam kelompok, sebelum tindakan 0%, putaran I 19,45%, putaran II 41,07% dan di akhir tindakan 78,04%, d) mengerjakan tugas rumah, sebelum tindakan 39,28%, putaran I 54,87%, putaran II 75% dan di akhir tindakan 94,51%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran instruksi langsung dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.
id IOS2728.15531
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:16Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810583663280128
score 17.538404