PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KELOMPOK METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: PURWANINGSIH, DENI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15461/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15461/2/Bab_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15461/3/Bab_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15461/4/Bab_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15461/5/Bab_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15461/6/Bab_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15461/7/DAFTAR__PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15461/9/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15461/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran kelompok metode Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis pene litian kualitatif berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sidoharjo Sragen pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilaksanakan terhadap siswa kelas VII C yang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dengan indikator pencapaian jika 75% siswa sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maka penelitian dinyatakan sudah berhasil. Nilai KKM mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 1 Sidoharjo Sragen adalah 7,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Cooperative metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sidoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Hasil belajar ekonomi siswa meningkat dari 55,8% pada kondisi awal menjadi 72,8% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86,7% pada akhir siklus II. Langkah- langkah yang berhasil dicapai dalam pembelajaran Cooperative Jigsaw antara lain: interaksi antara guru dan siswa sudah meningkat, ketercapaian kompetensi (hasil belajar) sudah meningkat, minat siswa dalam mengikuti pembelajaran sudah meningkat, rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran meningkat, dan siswa sudah dapat bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi pelajaran.