Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh secara parsial dan yang berpengaruh dominan dari keempat faktor perceived value(quality/performance value, social value, emotional value, price/value for money) dalam pengambilan keputusan masyarakat kota Surakarta menabung di perbankan syariah. Selain itu penelitian ini Juga bertujuan untuk mengetahui keempat faktor perceived value (quality/performance value, social value, emotional value, price/value for money) tersebut berpengaruh bersama-sama dalam pengambilan keputusan menabung masyarakat kota Surakarta di perbankan syariah.. Penelitian ini mengambil subyek masyarakat kota Surakarta yang pernah atau masih menjadi nasabah perbankan syariah yang berjumlah 100 orang. Metode penarikan sample menggunakan metode non-probabilitas dengan teknik convenience sampling. Data diperoleh dari data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji F (simultan), uji t (parsial) dan koefisien determinasi (Adjusted R2 ). Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : 1a) Nilai kinerja dan kualitas (quality/performance value) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan masyarakat kota Surakarta menabung di perbankan syariah. 1b) Nilai sosial (social value) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan masyarakat kota Surakarta menabung di perbankan syariah. 1c) Nilai emosional (emotional value) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan masyarakat kota Surakarta menabung di perbankan syariah. 1d) Nilai harga (price/value for money) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan masyarakat kota Surakarta menabung di perbankan syariah. 2) Nilai kualitas dan kinerja, nilai sosial nilai, emosional dan nilai harga (quality/performance value, social value, emotional value, price/value for money ) secara bersama – sama mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan masyarakat kota Surakarta menabung di perbankan syariah. 3) nilai emosional(emotional value) berpengaruh dominan terhadap keputusan masyarakat kota Surakarta menabung di perbankan syariah. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada perusahaan perbankan syariah diharapkan senantiasa meningkatkan pelayanan kepada nasabah, sehingga akan semakin menarik nasabah untuk melakukan keputusan menabung.