Daftar Isi:
  • Fokus penelitian yang akan dikaji adalah Pengelolaan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Situs SMK Negeri 5 Surakarta). Fokus tersebut dapat dirinci dalam sub fokus sebagai berikut : 1) Bagaimanakah karakteristik komponen-komponen sistem manajemen Mutu ISO 9001 : 2000 ?, 2) Bagaimanakah karakteristik implementasi sistem menejemen mutu ISO 9001 : 2000 ? Tujuan dalam penelitian ini adalah mengkaji karakteristik komponen-komponen sistem manajemen Mutu ISO 9001:2000, dan mengkaji karakteistik implementasi sistem menejemen mutu ISO 9001:2000. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat mengimplementasikan sistem manejemen mutu ISO 9001 : 2000 dalam manajemen lembaga pendidikan sebagai peningkatan mutu pendidikan di sekolah menengah kejuruan yang diharapkan menjadi standar persyaratan untuk pengelolaan manajemen mutu ISO 9001:2000 pada sekolah menengah kejuruan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa : 1) karakteristik komponen-komponen sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 mendukung dan memudahkan pengelolaan sekolah. 2) karakteristis Implementasi Sistem manajemen mutu merupakan standar dan persyaratan untuk meraih Sekolah Bertaraf Internasional.