PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) (PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011)
Main Author: | ROCHANI, ROCHANI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14320/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/6/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/13/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/15/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/21/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/ |
ctrlnum |
14320 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14320/</relation><title> PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI
STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS)
(PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011)
</title><creator>ROCHANI, ROCHANI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman
konsep siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi
pembelajaran TGT. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X OB SMK
Bhinneka Karya Simo yang berjumlah 38 siswa, subjek pelaksanakan tindakan
adalah guru matematika dan peneliti. Data dikumpulkan melalui metode
observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara
diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pemahaman
konsep siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari aspek: 1)
kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara
tepat meningkat dari 42,10% pada putaran I menjadi 63,15 pada akhir tindakan; 2)
kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat meningkat dari 31,57%
pada putaran I menjadi 52,63% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa
memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari 34,21% pada
putaran I menjadi 60,52% pada akhir tindakan. 4) kemampuan siswa dalam
membuat kesimpulan materi yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan
sifat – sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep
meningkat dari 18,42% pada putaran I menjadi 42,10% pada akhir tindakan.
Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi TGT dapat meningkatkan
pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linear.
</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/13/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/15/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/21/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ROCHANI, ROCHANI (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) (PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060202</relation><recordID>14320</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
ROCHANI, ROCHANI |
title |
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI
STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS)
(PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011) |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/14320/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/6/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/13/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/15/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/21/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14320/ |
contents |
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman
konsep siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi
pembelajaran TGT. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X OB SMK
Bhinneka Karya Simo yang berjumlah 38 siswa, subjek pelaksanakan tindakan
adalah guru matematika dan peneliti. Data dikumpulkan melalui metode
observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara
diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pemahaman
konsep siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari aspek: 1)
kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara
tepat meningkat dari 42,10% pada putaran I menjadi 63,15 pada akhir tindakan; 2)
kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat meningkat dari 31,57%
pada putaran I menjadi 52,63% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa
memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari 34,21% pada
putaran I menjadi 60,52% pada akhir tindakan. 4) kemampuan siswa dalam
membuat kesimpulan materi yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan
sifat – sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep
meningkat dari 18,42% pada putaran I menjadi 42,10% pada akhir tindakan.
Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi TGT dapat meningkatkan
pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linear.
|
id |
IOS2728.14320 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:18Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810576462708736 |
score |
17.538404 |