PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) (PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011)

Main Author: ROCHANI, ROCHANI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/14320/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/13/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/15/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/21/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/
ctrlnum 14320
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14320/</relation><title> PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA&#xD; PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM&#xD; PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI&#xD; STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS)&#xD; (PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011)&#xD; </title><creator>ROCHANI, ROCHANI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman&#xD; konsep siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi&#xD; pembelajaran TGT. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X OB SMK&#xD; Bhinneka Karya Simo yang berjumlah 38 siswa, subjek pelaksanakan tindakan&#xD; adalah guru matematika dan peneliti. Data dikumpulkan melalui metode&#xD; observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara&#xD; diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,&#xD; penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pemahaman&#xD; konsep siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari aspek: 1)&#xD; kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara&#xD; tepat meningkat dari 42,10% pada putaran I menjadi 63,15 pada akhir tindakan; 2)&#xD; kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat meningkat dari 31,57%&#xD; pada putaran I menjadi 52,63% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa&#xD; memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari 34,21% pada&#xD; putaran I menjadi 60,52% pada akhir tindakan. 4) kemampuan siswa dalam&#xD; membuat kesimpulan materi yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan&#xD; sifat &#x2013; sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep&#xD; meningkat dari 18,42% pada putaran I menjadi 42,10% pada akhir tindakan.&#xD; Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi TGT dapat meningkatkan&#xD; pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan sistem persamaan dan&#xD; pertidaksamaan linear.&#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/13/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/15/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14320/21/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ROCHANI, ROCHANI (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) (PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060202</relation><recordID>14320</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ROCHANI, ROCHANI
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) (PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/14320/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/13/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/15/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/21/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14320/
contents Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran TGT. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X OB SMK Bhinneka Karya Simo yang berjumlah 38 siswa, subjek pelaksanakan tindakan adalah guru matematika dan peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari aspek: 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat meningkat dari 42,10% pada putaran I menjadi 63,15 pada akhir tindakan; 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat meningkat dari 31,57% pada putaran I menjadi 52,63% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari 34,21% pada putaran I menjadi 60,52% pada akhir tindakan. 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat – sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep meningkat dari 18,42% pada putaran I menjadi 42,10% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi TGT dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear.
id IOS2728.14320
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:18Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:22Z
recordtype dc
_version_ 1765810576462708736
score 17.538404