PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 3 BULU Tahun Ajaran 2010/2011)
Main Author: | SRIHARJONO, NUR AINI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14262/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/16/bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/22/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/ |
ctrlnum |
14262 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14262/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA
MELALUI PENDEKATAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE
(PTK di Kelas VII Semester II SMP N 3 BULU Tahun Ajaran 2010/2011)
</title><creator>SRIHARJONO, NUR AINI </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika
melalui penerapan pendekatan lightening the learning climate. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan
adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Bulu yang berjumlah 29 siswa, sedangkan
obyek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematika. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan
metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi
sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kemampuan
komunikasi matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator
kemampuan komunikasi matematika meliputi: 1) merepresentasikan hasil
pekerjaan sebelum tindakan 17,86 %, putaran I 25,00 %, putaran II 44,44 %, dan
di akhir tindakan 61,59 %, 2) merekontruksi matematika sebelum tindakan 21,43
%, putaran I 35,71 %, putaran II 55,56 %, dan di akhir tindakan 80,78 %, 3)
kerjasama sebelum tindakan 25,00 %, putaran I 46,43 %, putaran II 77,78 %, dan
di akhir tindakan 88,46 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan
pendekatan lightening the learning climate dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.

</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14262/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14262/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14262/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14262/10/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14262/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14262/16/bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14262/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14262/22/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SRIHARJONO, NUR AINI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 3 BULU Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A 410 070 155</relation><recordID>14262</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SRIHARJONO, NUR AINI |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA
MELALUI PENDEKATAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE
(PTK di Kelas VII Semester II SMP N 3 BULU Tahun Ajaran 2010/2011) |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/14262/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/16/bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/22/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14262/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika
melalui penerapan pendekatan lightening the learning climate. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan
adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Bulu yang berjumlah 29 siswa, sedangkan
obyek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematika. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan
metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi
sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kemampuan
komunikasi matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator
kemampuan komunikasi matematika meliputi: 1) merepresentasikan hasil
pekerjaan sebelum tindakan 17,86 %, putaran I 25,00 %, putaran II 44,44 %, dan
di akhir tindakan 61,59 %, 2) merekontruksi matematika sebelum tindakan 21,43
%, putaran I 35,71 %, putaran II 55,56 %, dan di akhir tindakan 80,78 %, 3)
kerjasama sebelum tindakan 25,00 %, putaran I 46,43 %, putaran II 77,78 %, dan
di akhir tindakan 88,46 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan
pendekatan lightening the learning climate dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.
|
id |
IOS2728.14262 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:17Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:18Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810576002383872 |
score |
17.538404 |