BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK
Main Author: | WIDHIYANTO, RAHMAD |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14214/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/20/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/23/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/ |
ctrlnum |
14214 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14214/</relation><title>BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK
</title><creator>WIDHIYANTO, RAHMAD</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010, jenis tindak tutur yang digunakan penutur untuk menyampaikan maksud dalam slogan-slogan
iklan di televisi Trans TV, dan implikasi tujuan yang terkandung dalam tindak tutur pada ujaran slogan-slogan iklan Trans TV.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010. Sumber data yang dipakai adalah
berbagai macam slogan iklan yang ditayangkan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat.
Berdasarkan Hasil dalam penelitian ini ditemukan pemakaian bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010 antara lai sebagai berikut: 1) bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010 digunakan untuk menarik perhatian kepada mitra tutur supaya mau membeli produk yang ditawarkan dengan menggunakan bahasa persuasi, 2) jenis tindak tutur yang digunakan penutur untuk menyampaikan maksud dalam slogan-slogan iklan di Trans TV dibagi menjadi
dua yaitu: a) tindak tutur langsung (kalimat tanya, kalimat berita, dan kalimat perintah) dan b) tindak tutur tidak langsung (kalimat berita dan kalimat tanya), dan 3) implikasi yang terkandung dalam tindak tutur pada ujaran slogan-slogan iklan di Trans TV antara lain: a) bertujuan menginformasikan/ memberitahu, b) bertujuan memohon/ menyuruh, dan c) bertujuan menyindir/ mengkritik. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/20/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/23/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WIDHIYANTO, RAHMAD (2011) BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A310060173</relation><recordID>14214</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
WIDHIYANTO, RAHMAD |
title |
BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/14214/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/20/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/23/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14214/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010, jenis tindak tutur yang digunakan penutur untuk menyampaikan maksud dalam slogan-slogan
iklan di televisi Trans TV, dan implikasi tujuan yang terkandung dalam tindak tutur pada ujaran slogan-slogan iklan Trans TV.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010. Sumber data yang dipakai adalah
berbagai macam slogan iklan yang ditayangkan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat.
Berdasarkan Hasil dalam penelitian ini ditemukan pemakaian bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010 antara lai sebagai berikut: 1) bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010 digunakan untuk menarik perhatian kepada mitra tutur supaya mau membeli produk yang ditawarkan dengan menggunakan bahasa persuasi, 2) jenis tindak tutur yang digunakan penutur untuk menyampaikan maksud dalam slogan-slogan iklan di Trans TV dibagi menjadi
dua yaitu: a) tindak tutur langsung (kalimat tanya, kalimat berita, dan kalimat perintah) dan b) tindak tutur tidak langsung (kalimat berita dan kalimat tanya), dan 3) implikasi yang terkandung dalam tindak tutur pada ujaran slogan-slogan iklan di Trans TV antara lain: a) bertujuan menginformasikan/ memberitahu, b) bertujuan memohon/ menyuruh, dan c) bertujuan menyindir/ mengkritik. |
id |
IOS2728.14214 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:14Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810575829368832 |
score |
17.538404 |