ctrlnum 14214
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14214/</relation><title>BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK&#xD; </title><creator>WIDHIYANTO, RAHMAD</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010, jenis tindak tutur yang digunakan penutur untuk menyampaikan maksud dalam slogan-slogan&#xD; iklan di televisi Trans TV, dan implikasi tujuan yang terkandung dalam tindak tutur pada ujaran slogan-slogan iklan Trans TV.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010. Sumber data yang dipakai adalah&#xD; berbagai macam slogan iklan yang ditayangkan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat.&#xD; Berdasarkan Hasil dalam penelitian ini ditemukan pemakaian bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010 antara lai sebagai berikut: 1) bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010 digunakan untuk menarik perhatian kepada mitra tutur supaya mau membeli produk yang ditawarkan dengan menggunakan bahasa persuasi, 2) jenis tindak tutur yang digunakan penutur untuk menyampaikan maksud dalam slogan-slogan iklan di Trans TV dibagi menjadi&#xD; dua yaitu: a) tindak tutur langsung (kalimat tanya, kalimat berita, dan kalimat perintah) dan b) tindak tutur tidak langsung (kalimat berita dan kalimat tanya), dan 3) implikasi yang terkandung dalam tindak tutur pada ujaran slogan-slogan iklan di Trans TV antara lain: a) bertujuan menginformasikan/ memberitahu, b) bertujuan memohon/ menyuruh, dan c) bertujuan menyindir/ mengkritik. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/20/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14214/23/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WIDHIYANTO, RAHMAD (2011) BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A310060173</relation><recordID>14214</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WIDHIYANTO, RAHMAD
title BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/14214/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14214/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14214/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14214/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14214/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14214/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14214/20/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14214/23/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14214/
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010, jenis tindak tutur yang digunakan penutur untuk menyampaikan maksud dalam slogan-slogan iklan di televisi Trans TV, dan implikasi tujuan yang terkandung dalam tindak tutur pada ujaran slogan-slogan iklan Trans TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010. Sumber data yang dipakai adalah berbagai macam slogan iklan yang ditayangkan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat. Berdasarkan Hasil dalam penelitian ini ditemukan pemakaian bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010 antara lai sebagai berikut: 1) bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan di Trans TV pada bulan Januari-Februari 2010 digunakan untuk menarik perhatian kepada mitra tutur supaya mau membeli produk yang ditawarkan dengan menggunakan bahasa persuasi, 2) jenis tindak tutur yang digunakan penutur untuk menyampaikan maksud dalam slogan-slogan iklan di Trans TV dibagi menjadi dua yaitu: a) tindak tutur langsung (kalimat tanya, kalimat berita, dan kalimat perintah) dan b) tindak tutur tidak langsung (kalimat berita dan kalimat tanya), dan 3) implikasi yang terkandung dalam tindak tutur pada ujaran slogan-slogan iklan di Trans TV antara lain: a) bertujuan menginformasikan/ memberitahu, b) bertujuan memohon/ menyuruh, dan c) bertujuan menyindir/ mengkritik.
id IOS2728.14214
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:14Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810575829368832
score 17.538404