ctrlnum 14125
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14125/</relation><title>ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH I GROGOL</title><creator>Fajarwati, Fajarwati</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan tentang kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan pada anak usia dini. Objek penelitian adalah anak didik kelompok B1 di BA Aisysiyah Grogol Sukohajo. Penelitian ini dideskripsikan guna menemukan pokok permasalahan seta strategi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tesebut. Pemasalahan dideteksi&#xD; satu persatu, agar dapat dicari stategi yang sesuai agar permasalahan dapat teratasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Pemerolehan data dari berbagai sumber yaitu guru, anak dan orang tua. Analisis data penelitian data&#xD; dilapangan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat 15% yaitu 3 anak dari 21 anak dalam 1 kelas B1 mengalami kesulitan membaca dan menulis permulaan. Terdapat beberapa jenis kesulitan membaca dan menulis permulaan pada anak&#xD; usia dini yaitu antara lain, seperti kesulitan mengasosiasikan huruf dengan bunyi, kesulitan terbalik membaca huruf, masalah perilaku tidak suka membaca,&#xD; kesulitan mengerti benda yang yang mereka dengar (auditori), kesulitan mengerti benda yang mereka lihat (visual), dan kesulitan meniru menulis huruf dari papan&#xD; tulis (anak mengalami kesulitan mengurutkan huruf, ekspresi huruf, kesulitan menuliskan arah huruf). Sehingga strategi yang digunakan guna mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode phonic (bunyi), strategi dengan pembelajaran dengan taktil (perabaan) yaitu dengan permainan&#xD; sand paper huruf, strategi selanjutnya dengan metode mind mapping (visualisasi penetahuan), strategi dengan menggunakan puzzle huruf, kartu huruf, serta kartu&#xD; kata.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14125/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14125/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14125/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14125/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14125/14/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14125/16/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14125/19/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14125/20/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14125/29/06_BAB_IV.pdf</identifier><identifier> Fajarwati, Fajarwati (2011) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH I GROGOL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A520081024</relation><recordID>14125</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Fajarwati, Fajarwati
title ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH I GROGOL
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/14125/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14125/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14125/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14125/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14125/14/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14125/16/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14125/19/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14125/20/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14125/29/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14125/
contents Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan tentang kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan pada anak usia dini. Objek penelitian adalah anak didik kelompok B1 di BA Aisysiyah Grogol Sukohajo. Penelitian ini dideskripsikan guna menemukan pokok permasalahan seta strategi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tesebut. Pemasalahan dideteksi satu persatu, agar dapat dicari stategi yang sesuai agar permasalahan dapat teratasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Pemerolehan data dari berbagai sumber yaitu guru, anak dan orang tua. Analisis data penelitian data dilapangan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat 15% yaitu 3 anak dari 21 anak dalam 1 kelas B1 mengalami kesulitan membaca dan menulis permulaan. Terdapat beberapa jenis kesulitan membaca dan menulis permulaan pada anak usia dini yaitu antara lain, seperti kesulitan mengasosiasikan huruf dengan bunyi, kesulitan terbalik membaca huruf, masalah perilaku tidak suka membaca, kesulitan mengerti benda yang yang mereka dengar (auditori), kesulitan mengerti benda yang mereka lihat (visual), dan kesulitan meniru menulis huruf dari papan tulis (anak mengalami kesulitan mengurutkan huruf, ekspresi huruf, kesulitan menuliskan arah huruf). Sehingga strategi yang digunakan guna mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode phonic (bunyi), strategi dengan pembelajaran dengan taktil (perabaan) yaitu dengan permainan sand paper huruf, strategi selanjutnya dengan metode mind mapping (visualisasi penetahuan), strategi dengan menggunakan puzzle huruf, kartu huruf, serta kartu kata.
id IOS2728.14125
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:12Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:13Z
recordtype dc
_version_ 1765810575227486208
score 17.538404