UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH AL JA’FAR DAWUNG JENAR SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Main Author: | Sutarni, Sutarni |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14124/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14124/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14124/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14124/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14124/5/BAB___IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14124/7/BAB__V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14124/10/DAFTAR__PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14124/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14124/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses penerapan metode bermain balok pada pembelajaran, dengan bermain balok dapat meningkatkan kreativitas anak. Obyek penelitian ini adalah bermain balok untuk meningkatkan kreativitas anak. Sumber dari penelitian ini diperoleh dari Peserta Didik kelompok B TK Aisyiyah Al Ja’far Dawung, Jenar,Sragen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara deskrifsi kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui bermain balok. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil evaluasi sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Daya imajinasi anak sebelum tindakan dari 18,2 % ( 4 anak didik), siklus I 36,2 % ( 7 anak), siklus II 61,3 % (13 anak), siklus III 77,3 % (17 anak). Rasa ingin tahu anak sebelum tindakan 27,3 % (6 anak), siklus I 43,2 % (9 anak), siklus II 72,7 % (15 anak), siklus III 88,6 % (19 anak). Rasa percaya diri anak sebelum tindakan 22,7 % (5 anak), siklus I 43,2 % (9 anak), siklus II 65,8 % (14 anak), siklus III 88,7 % (19 anak). Kemandirian anak sebelum tindakan 27,3 % (6 anak), siklus I 45,5 % (10 anak), siklus II 70,4 % (15 anak), siklus III 88,6 % (19 anak). Keberanian dan keyakinan anak sebelum tindakan 22,7 % (5 anak), siklus I 45 % (10 anak), siklus II 70,4 % (15 anak), siklus III 90,9 % (20 anak). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bermain balok dalam pembelajaran di TK Aisyiyah Al Ja’far dapat meningkatkan kreativitas anak.