MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP PADA POKOK MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS XI IPA 4 MAN PURWODADI TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | SWASTI, AMALIA NITYA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14114/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14114/3/03_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14114/5/04_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14114/6/05_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14114/8/06_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14114/10/07_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14114/12/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14114/13/09_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14114/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan : untuk meningkatkan hasil belajar biologi melalui penerapan strategi pembelajaran peta konsep pada pokok materi sistem ekskresi siswa kelas XI IPA 4 MAN Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan penerapan strategi pembelajaran peta konsep yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknis analisia data dengan menggunakan penilaian afektif dan kognitif dalam siklus I dan siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : nilai rata-rata kognitif semula hanya 57 setelah menggunakan penerapan strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan rata-ratanya menjadi 74,6 pada siklus I dan 81,5 pada siklus II. Nilai rata-rata afektif pada siklus I yaitu 8,16 (termasuk dalam kategori cukup berminat) setelah menggunakan penerapan strategi pembelajaran peta konsep meningkat menjadi 13,38 (termasuk dalam kategori berminat). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Penerapan strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 4 MAN Purwodadi, bahwa hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini diterima.