PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: MUKHLIS, ADE
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/14110/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/7/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/10/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/11/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/16/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/19/08._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/22/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/
ctrlnum 14110
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14110/</relation><title> PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH&#xD; (ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL&#xD; BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C&#xD; SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011&#xD; </title><creator>MUKHLIS, ADE </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VII C SMP Negeri&#xD; 3 Colomadu yang terdapat kelemahan, antara lain: kurangnya keaktifan siswa,&#xD; pemahaman, motivasi, pemanfaatan media, dan hasil belajar siswa rendah.&#xD; Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif,&#xD; dan psikomotorik siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran&#xD; 2010/2011 dengan penerapan Strategi pembelajaran Index Card Match dengan&#xD; media Charta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari&#xD; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga&#xD; siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil&#xD; belajar aspek kognitif mata pelajaran biologi, pengamatan sikap siswa selama&#xD; proses pembelajaran (aspek afektif) dan keterampilan siswa dalam menggambar,&#xD; menunjukan letak gambar, menjelaskan gambar, dan estetika menggambar (aspek&#xD; psikomotorik). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di&#xD; setiap siklus. Rerata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 73,13&#xD; dengan prosentase ketuntasan 62,52%, siklus II sebesar 82,34 dengan prosentase&#xD; ketuntasan 90,61%, siklus III sebesar 91,09 dengan prosentase ketuntasan&#xD; 96,88%. Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek afektif siklus I sebesar&#xD; 77,35%, siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 99,22%. Hasil belajar aspek&#xD; afektif pada siklus III menurun dikarenakan ada kondisi siswa yang kurang sehat.&#xD; Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek psikomotorik siklus I sebesar 49,23%,&#xD; siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian&#xD; dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match&#xD; dengan Charta dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan&#xD; psikomotorik pokok materi ekosistem (biologi) siswa kelas VII C SMP Negeri 3&#xD; Colomadu tahun ajaran 2010/2011.&#xD; &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/7/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/10/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/11/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/16/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/19/08._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/22/09._Lampiran.pdf</identifier><identifier> MUKHLIS, ADE (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420070048</relation><recordID>14110</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MUKHLIS, ADE
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/14110/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/7/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/10/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/11/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/16/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/19/08._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/22/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14110/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu yang terdapat kelemahan, antara lain: kurangnya keaktifan siswa, pemahaman, motivasi, pemanfaatan media, dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan Strategi pembelajaran Index Card Match dengan media Charta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran biologi, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran (aspek afektif) dan keterampilan siswa dalam menggambar, menunjukan letak gambar, menjelaskan gambar, dan estetika menggambar (aspek psikomotorik). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Rerata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 73,13 dengan prosentase ketuntasan 62,52%, siklus II sebesar 82,34 dengan prosentase ketuntasan 90,61%, siklus III sebesar 91,09 dengan prosentase ketuntasan 96,88%. Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek afektif siklus I sebesar 77,35%, siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 99,22%. Hasil belajar aspek afektif pada siklus III menurun dikarenakan ada kondisi siswa yang kurang sehat. Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek psikomotorik siklus I sebesar 49,23%, siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dengan Charta dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pokok materi ekosistem (biologi) siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011.
id IOS2728.14110
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:09Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:12Z
recordtype dc
_version_ 1765810575167717376
score 17.538404