PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | MUKHLIS, ADE |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14110/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/7/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/10/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/11/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/16/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/19/08._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/22/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/ |
ctrlnum |
14110 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14110/</relation><title> PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH
(ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C
SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011
</title><creator>MUKHLIS, ADE </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VII C SMP Negeri
3 Colomadu yang terdapat kelemahan, antara lain: kurangnya keaktifan siswa,
pemahaman, motivasi, pemanfaatan media, dan hasil belajar siswa rendah.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif,
dan psikomotorik siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran
2010/2011 dengan penerapan Strategi pembelajaran Index Card Match dengan
media Charta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga
siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil
belajar aspek kognitif mata pelajaran biologi, pengamatan sikap siswa selama
proses pembelajaran (aspek afektif) dan keterampilan siswa dalam menggambar,
menunjukan letak gambar, menjelaskan gambar, dan estetika menggambar (aspek
psikomotorik). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di
setiap siklus. Rerata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 73,13
dengan prosentase ketuntasan 62,52%, siklus II sebesar 82,34 dengan prosentase
ketuntasan 90,61%, siklus III sebesar 91,09 dengan prosentase ketuntasan
96,88%. Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek afektif siklus I sebesar
77,35%, siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 99,22%. Hasil belajar aspek
afektif pada siklus III menurun dikarenakan ada kondisi siswa yang kurang sehat.
Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek psikomotorik siklus I sebesar 49,23%,
siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match
dengan Charta dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik pokok materi ekosistem (biologi) siswa kelas VII C SMP Negeri 3
Colomadu tahun ajaran 2010/2011.

</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/7/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/10/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/11/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/16/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/19/08._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14110/22/09._Lampiran.pdf</identifier><identifier> MUKHLIS, ADE (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420070048</relation><recordID>14110</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
MUKHLIS, ADE |
title |
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH
(ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C
SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/14110/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/7/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/10/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/11/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/16/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/19/08._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/22/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/14110/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VII C SMP Negeri
3 Colomadu yang terdapat kelemahan, antara lain: kurangnya keaktifan siswa,
pemahaman, motivasi, pemanfaatan media, dan hasil belajar siswa rendah.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif,
dan psikomotorik siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran
2010/2011 dengan penerapan Strategi pembelajaran Index Card Match dengan
media Charta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga
siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil
belajar aspek kognitif mata pelajaran biologi, pengamatan sikap siswa selama
proses pembelajaran (aspek afektif) dan keterampilan siswa dalam menggambar,
menunjukan letak gambar, menjelaskan gambar, dan estetika menggambar (aspek
psikomotorik). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di
setiap siklus. Rerata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 73,13
dengan prosentase ketuntasan 62,52%, siklus II sebesar 82,34 dengan prosentase
ketuntasan 90,61%, siklus III sebesar 91,09 dengan prosentase ketuntasan
96,88%. Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek afektif siklus I sebesar
77,35%, siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 99,22%. Hasil belajar aspek
afektif pada siklus III menurun dikarenakan ada kondisi siswa yang kurang sehat.
Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek psikomotorik siklus I sebesar 49,23%,
siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match
dengan Charta dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik pokok materi ekosistem (biologi) siswa kelas VII C SMP Negeri 3
Colomadu tahun ajaran 2010/2011.
|
id |
IOS2728.14110 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:09Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810575167717376 |
score |
17.538404 |