PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP GERAK TUMBUHAN MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | NOVITASARI, NOVITASARI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14107/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/13/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/16/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/18/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/22/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/ |
ctrlnum |
14107 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14107/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP GERAK
TUMBUHAN MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN
MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII A
SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA
TAHUN AJARAN 2010/2011
</title><creator>NOVITASARI, NOVITASARI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran siswa kelas VIIIA
SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, antara lain siswa kurang aktif, kurang
motivasi, pemahaman materi rendah, penyampaian materi monoton, dan
kurang berani menyampaikan pendapat. Tujuan penelitian mengetahui
peningkatan hasil belajar Biologi pokok bahasan gerak pada tumbuhan
penerapan metode pembelajaran Reciprocal Teaching dengan media
Animasi siswa kelas VIIIA tahun ajaran 2010/2011. Penelitian Tindakan
Kelas dilakukan tiga siklus dengan analisis data kualitatif. yaitu
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III.
Sumber data diperoleh dari aspek kognitif (hasil belajar) dan aspek afektif
(pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran). Hasil penelitian
menunjukan bahwa rata-rata hasil perolehan aspek kognitif meningkat setiap
siklusnya, siklus I 5,75; siklus II 7,31; dan siklus III 9,01 target yang dicapai
97,06%. Hasil rata-rata kelas aspek afektif siklus I 15,20 kriteria kurang
berminat; siklus II 17,18 kriteria cukup berminat; dan siklus III 21,26
kriteria berminat target yang dicapai 94,4%. Peningkatan hasil perolehan
aspek kognitif dari siklus I ke siklus II sebanyak 55,96% dan siklus II ke
siklus III 9,83%; aspek afektif peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II
1,98 dan dari siklus II ke siklus III 6,06. Berdasarkan hasil penelitian
disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Reciprocal Teaching
dengan media Animasi dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan
afektif pada pokok bahasan gerak pada tumbuhan (Biologi) siswa kelas
VIIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/6/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/13/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/16/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/18/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/22/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> NOVITASARI, NOVITASARI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP GERAK TUMBUHAN MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420070116</relation><recordID>14107</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
NOVITASARI, NOVITASARI |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP GERAK
TUMBUHAN MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN
MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII A
SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA
TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/14107/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/13/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/16/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/18/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/22/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14107/ |
contents |
Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran siswa kelas VIIIA
SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, antara lain siswa kurang aktif, kurang
motivasi, pemahaman materi rendah, penyampaian materi monoton, dan
kurang berani menyampaikan pendapat. Tujuan penelitian mengetahui
peningkatan hasil belajar Biologi pokok bahasan gerak pada tumbuhan
penerapan metode pembelajaran Reciprocal Teaching dengan media
Animasi siswa kelas VIIIA tahun ajaran 2010/2011. Penelitian Tindakan
Kelas dilakukan tiga siklus dengan analisis data kualitatif. yaitu
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III.
Sumber data diperoleh dari aspek kognitif (hasil belajar) dan aspek afektif
(pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran). Hasil penelitian
menunjukan bahwa rata-rata hasil perolehan aspek kognitif meningkat setiap
siklusnya, siklus I 5,75; siklus II 7,31; dan siklus III 9,01 target yang dicapai
97,06%. Hasil rata-rata kelas aspek afektif siklus I 15,20 kriteria kurang
berminat; siklus II 17,18 kriteria cukup berminat; dan siklus III 21,26
kriteria berminat target yang dicapai 94,4%. Peningkatan hasil perolehan
aspek kognitif dari siklus I ke siklus II sebanyak 55,96% dan siklus II ke
siklus III 9,83%; aspek afektif peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II
1,98 dan dari siklus II ke siklus III 6,06. Berdasarkan hasil penelitian
disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Reciprocal Teaching
dengan media Animasi dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan
afektif pada pokok bahasan gerak pada tumbuhan (Biologi) siswa kelas
VIIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.
|
id |
IOS2728.14107 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:09Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810575153037312 |
score |
17.538404 |