PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP GERAK TUMBUHAN MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: NOVITASARI, NOVITASARI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/14107/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/13/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/16/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/18/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/
ctrlnum 14107
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14107/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP GERAK&#xD; TUMBUHAN MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN&#xD; MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII A&#xD; SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA&#xD; TAHUN AJARAN 2010/2011&#xD; </title><creator>NOVITASARI, NOVITASARI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran siswa kelas VIIIA&#xD; SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, antara lain siswa kurang aktif, kurang&#xD; motivasi, pemahaman materi rendah, penyampaian materi monoton, dan&#xD; kurang berani menyampaikan pendapat. Tujuan penelitian mengetahui&#xD; peningkatan hasil belajar Biologi pokok bahasan gerak pada tumbuhan&#xD; penerapan metode pembelajaran Reciprocal Teaching dengan media&#xD; Animasi siswa kelas VIIIA tahun ajaran 2010/2011. Penelitian Tindakan&#xD; Kelas dilakukan tiga siklus dengan analisis data kualitatif. yaitu&#xD; menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III.&#xD; Sumber data diperoleh dari aspek kognitif (hasil belajar) dan aspek afektif&#xD; (pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran). Hasil penelitian&#xD; menunjukan bahwa rata-rata hasil perolehan aspek kognitif meningkat setiap&#xD; siklusnya, siklus I 5,75; siklus II 7,31; dan siklus III 9,01 target yang dicapai&#xD; 97,06%. Hasil rata-rata kelas aspek afektif siklus I 15,20 kriteria kurang&#xD; berminat; siklus II 17,18 kriteria cukup berminat; dan siklus III 21,26&#xD; kriteria berminat target yang dicapai 94,4%. Peningkatan hasil perolehan&#xD; aspek kognitif dari siklus I ke siklus II sebanyak 55,96% dan siklus II ke&#xD; siklus III 9,83%; aspek afektif peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II&#xD; 1,98 dan dari siklus II ke siklus III 6,06. Berdasarkan hasil penelitian&#xD; disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Reciprocal Teaching&#xD; dengan media Animasi dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan&#xD; afektif pada pokok bahasan gerak pada tumbuhan (Biologi) siswa kelas&#xD; VIIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.&#xD; &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/6/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/13/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/16/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/18/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14107/22/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> NOVITASARI, NOVITASARI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP GERAK TUMBUHAN MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420070116</relation><recordID>14107</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author NOVITASARI, NOVITASARI
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP GERAK TUMBUHAN MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/14107/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/13/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/16/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/18/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14107/
contents Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, antara lain siswa kurang aktif, kurang motivasi, pemahaman materi rendah, penyampaian materi monoton, dan kurang berani menyampaikan pendapat. Tujuan penelitian mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi pokok bahasan gerak pada tumbuhan penerapan metode pembelajaran Reciprocal Teaching dengan media Animasi siswa kelas VIIIA tahun ajaran 2010/2011. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan tiga siklus dengan analisis data kualitatif. yaitu menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Sumber data diperoleh dari aspek kognitif (hasil belajar) dan aspek afektif (pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran). Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil perolehan aspek kognitif meningkat setiap siklusnya, siklus I 5,75; siklus II 7,31; dan siklus III 9,01 target yang dicapai 97,06%. Hasil rata-rata kelas aspek afektif siklus I 15,20 kriteria kurang berminat; siklus II 17,18 kriteria cukup berminat; dan siklus III 21,26 kriteria berminat target yang dicapai 94,4%. Peningkatan hasil perolehan aspek kognitif dari siklus I ke siklus II sebanyak 55,96% dan siklus II ke siklus III 9,83%; aspek afektif peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II 1,98 dan dari siklus II ke siklus III 6,06. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Reciprocal Teaching dengan media Animasi dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan afektif pada pokok bahasan gerak pada tumbuhan (Biologi) siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.
id IOS2728.14107
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:09Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:12Z
recordtype dc
_version_ 1765810575153037312
score 17.538404