PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 DITINJAU DARI KONTINUITAS BELAJAR AKUNTANSI DAN KEMAMPUAN DASAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI ANGKATAN 2009 FKIP UMS

Main Author: Febriati, Mardina
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/14094/1/COVER.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/23/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/
ctrlnum 14094
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14094/</relation><title>PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 DITINJAU DARI KONTINUITAS BELAJAR AKUNTANSI DAN KEMAMPUAN DASAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI ANGKATAN 2009 FKIP UMS</title><creator>Febriati, Mardina</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kontinuitas belajar akuntansi dan kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 (AKM 1) pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang mengambil lokasi di FKIP-UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS yang sedang menempuh mata kuliah&#xD; Akuntansi Keuangan Menengah I sejumlah kurang lebih 200 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 127 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik&#xD; analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, Uji F dan Uji t, serta perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kontinuitas belajar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, yaitu 10,723 &gt; 1,960 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 2) Kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, yaitu 2,747 &gt; 1,960 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,007. 3) Kontinuitas belajar akuntansi dan kemampuan&#xD; Dasar Akuntansi Keuangan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung &gt;&#xD; Ftabel, yaitu 90,280 &gt; 3,07 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel Kontinuitas belajar akuntansi memberikan sumbangan efektif 51,18% dan sumbangan relatif 86,30%. Variabel kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan&#xD; memberikan sumbangan efektif 8,12% dan sumbangan relatif 13,70%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif dan sumbangan relatif nampak bahwa variabel Kontinuitas belajar akuntansi memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar AKM 1 dibandingkan variabel kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14094/1/COVER.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14094/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14094/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14094/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14094/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14094/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14094/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14094/23/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Febriati, Mardina (2011) PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 DITINJAU DARI KONTINUITAS BELAJAR AKUNTANSI DAN KEMAMPUAN DASAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI ANGKATAN 2009 FKIP UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210070142</relation><recordID>14094</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Febriati, Mardina
title PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 DITINJAU DARI KONTINUITAS BELAJAR AKUNTANSI DAN KEMAMPUAN DASAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI ANGKATAN 2009 FKIP UMS
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/14094/1/COVER.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/23/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14094/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kontinuitas belajar akuntansi dan kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 (AKM 1) pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang mengambil lokasi di FKIP-UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS yang sedang menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I sejumlah kurang lebih 200 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 127 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, Uji F dan Uji t, serta perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kontinuitas belajar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 10,723 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,747 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007. 3) Kontinuitas belajar akuntansi dan kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 90,280 > 3,07 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel Kontinuitas belajar akuntansi memberikan sumbangan efektif 51,18% dan sumbangan relatif 86,30%. Variabel kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan memberikan sumbangan efektif 8,12% dan sumbangan relatif 13,70%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif dan sumbangan relatif nampak bahwa variabel Kontinuitas belajar akuntansi memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar AKM 1 dibandingkan variabel kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan.
id IOS2728.14094
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:09Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:12Z
recordtype dc
_version_ 1765810574857338880
score 17.538404