PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SD N KARANGWUNI 1 WERU SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: Aribowo, Fajar
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/14073/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14073/2/3._Bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14073/3/4._Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14073/4/5._Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14073/5/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14073/6/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14073/7/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14073/11/9._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14073/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan melalui penerapan strategi The Power Of Two pada siswa kelas IV SD Negeri Karangwuni 01 Weru Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan strategi the power of two yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus. (2) rata-rata nilai dari aspek kognitif siklus I= 68,68, siklus II= 73,68, siklus III= 81,57. (3) rata-rata nilai dari aspek afektif siklus I= 9,82 (kategori tidak berminat), siklus II= 14,89 (kategori cukup berminat), siklus III= 16,52 (kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan melalui penerapan strategi the power of two pada siswa kelas IV SD Negeri Karangwuni 01 Weru Tahun Ajaran 2010/2011.