ctrlnum 14057
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14057/</relation><title> PENERAPAN MODEL CROSSWORD PUZZLE DENGAN&#xD; MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL&#xD; BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 BAKI&#xD; SUKOHARJO&#xD; </title><creator>WARNINGSIH, UTAMI TRI </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIIID&#xD; SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo yang terdapat kelemahan, antara lain: masih&#xD; banyak siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru, masih banyak&#xD; siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebagian besar siswa juga belum&#xD; memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapatnya dan berbicara di depan&#xD; kelas, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran yang diterangkan&#xD; oleh guru, khususnya siswa yang duduk dibelakang. Penelitian ini bertujuan&#xD; meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa&#xD; kelas VIIID SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 dengan&#xD; penerapan model Crossword Puzzle dengan menggunakan media gambar.&#xD; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan&#xD; dalam dua siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini diawali&#xD; dengan menyampaikan materi dengan model Crossword Puzzle dengan&#xD; menggunakan media gambar kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test&#xD; pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa&#xD; peningkatan hasil belajar pada siklus I aspek kognitif = 37,84%; aspek afektif =&#xD; 61,49%; aspek psikomotorik = 72,30%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II&#xD; aspek kognitif = 94,59% atau meningkat sebesar 56,75% dari siklus I; aspek&#xD; afektif = 95,95% atau meningkat sebesar 34,46% dari siklus I; aspek psikomotorik&#xD; = 94,59% atau meningkat sebesar 22,29% dari siklus I. Berdasarkan hasil&#xD; penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Crossword&#xD; Puzzle dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar&#xD; aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pokok bahasan sistem pernapasan pada&#xD; manusia (biologi) siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo tahun ajaran&#xD; 2010/2011.&#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/9/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/13/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/15/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/18/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/24/10._SKRIPSI_LENGKAP.pdf</identifier><identifier> WARNINGSIH, UTAMI TRI (2011) PENERAPAN MODEL CROSSWORD PUZZLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 BAKI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420070058</relation><recordID>14057</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WARNINGSIH, UTAMI TRI
title PENERAPAN MODEL CROSSWORD PUZZLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 BAKI SUKOHARJO
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/14057/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14057/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14057/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14057/9/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14057/13/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14057/15/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14057/18/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14057/24/10._SKRIPSI_LENGKAP.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14057/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIIID SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo yang terdapat kelemahan, antara lain: masih banyak siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru, masih banyak siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebagian besar siswa juga belum memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapatnya dan berbicara di depan kelas, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran yang diterangkan oleh guru, khususnya siswa yang duduk dibelakang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan model Crossword Puzzle dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan model Crossword Puzzle dengan menggunakan media gambar kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada siklus I aspek kognitif = 37,84%; aspek afektif = 61,49%; aspek psikomotorik = 72,30%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II aspek kognitif = 94,59% atau meningkat sebesar 56,75% dari siklus I; aspek afektif = 95,95% atau meningkat sebesar 34,46% dari siklus I; aspek psikomotorik = 94,59% atau meningkat sebesar 22,29% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Crossword Puzzle dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia (biologi) siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011.
id IOS2728.14057
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:08Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:09Z
recordtype dc
_version_ 1765810574721024000
score 17.538404