PENERAPAN MODEL CROSSWORD PUZZLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 BAKI SUKOHARJO
Main Author: | WARNINGSIH, UTAMI TRI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14057/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/6/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/9/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/13/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/15/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/18/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/24/10._SKRIPSI_LENGKAP.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/ |
ctrlnum |
14057 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14057/</relation><title> PENERAPAN MODEL CROSSWORD PUZZLE DENGAN
MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 BAKI
SUKOHARJO
</title><creator>WARNINGSIH, UTAMI TRI </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIIID
SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo yang terdapat kelemahan, antara lain: masih
banyak siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru, masih banyak
siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebagian besar siswa juga belum
memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapatnya dan berbicara di depan
kelas, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran yang diterangkan
oleh guru, khususnya siswa yang duduk dibelakang. Penelitian ini bertujuan
meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa
kelas VIIID SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 dengan
penerapan model Crossword Puzzle dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini diawali
dengan menyampaikan materi dengan model Crossword Puzzle dengan
menggunakan media gambar kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test
pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa
peningkatan hasil belajar pada siklus I aspek kognitif = 37,84%; aspek afektif =
61,49%; aspek psikomotorik = 72,30%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II
aspek kognitif = 94,59% atau meningkat sebesar 56,75% dari siklus I; aspek
afektif = 95,95% atau meningkat sebesar 34,46% dari siklus I; aspek psikomotorik
= 94,59% atau meningkat sebesar 22,29% dari siklus I. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Crossword
Puzzle dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar
aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pokok bahasan sistem pernapasan pada
manusia (biologi) siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo tahun ajaran
2010/2011.
</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/9/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/13/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/15/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/18/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14057/24/10._SKRIPSI_LENGKAP.pdf</identifier><identifier> WARNINGSIH, UTAMI TRI (2011) PENERAPAN MODEL CROSSWORD PUZZLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 BAKI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420070058</relation><recordID>14057</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
WARNINGSIH, UTAMI TRI |
title |
PENERAPAN MODEL CROSSWORD PUZZLE DENGAN
MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 BAKI
SUKOHARJO |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/14057/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/6/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/9/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/13/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/15/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/18/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/24/10._SKRIPSI_LENGKAP.pdf http://eprints.ums.ac.id/14057/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIIID
SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo yang terdapat kelemahan, antara lain: masih
banyak siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru, masih banyak
siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebagian besar siswa juga belum
memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapatnya dan berbicara di depan
kelas, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran yang diterangkan
oleh guru, khususnya siswa yang duduk dibelakang. Penelitian ini bertujuan
meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa
kelas VIIID SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 dengan
penerapan model Crossword Puzzle dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini diawali
dengan menyampaikan materi dengan model Crossword Puzzle dengan
menggunakan media gambar kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test
pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa
peningkatan hasil belajar pada siklus I aspek kognitif = 37,84%; aspek afektif =
61,49%; aspek psikomotorik = 72,30%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II
aspek kognitif = 94,59% atau meningkat sebesar 56,75% dari siklus I; aspek
afektif = 95,95% atau meningkat sebesar 34,46% dari siklus I; aspek psikomotorik
= 94,59% atau meningkat sebesar 22,29% dari siklus I. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Crossword
Puzzle dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar
aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pokok bahasan sistem pernapasan pada
manusia (biologi) siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo tahun ajaran
2010/2011.
|
id |
IOS2728.14057 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:08Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810574721024000 |
score |
17.538404 |