HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT AKUNTANSI SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN DIKLAT 2010/2011

Main Author: SETYANINGSIH, LUSI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/14038/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14038/3/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14038/6/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14038/8/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14038/9/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14038/12/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14038/14/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14038/15/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14038/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Hubungan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dengan prestasi belajar mata diklat Akuntansi siswa jurusan Akutansi SMK Batik 2 Surakarta tahun diklat 2010/2011; 2) Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi balajar mata diklat Akuntansi siswa jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta tahun diklat 2010/2011; 3) Hubungan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata diklat Akuntansi siswa jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta tahun diklat 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta tahun diklat 2010/2011. Sampel diambil sebanyak adalah 30 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui dokumentasi. Sebelum digunakan instrumen di uji dulu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi linier berganda. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada hubungan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dengan prestasi belajar ata diklat akuntansi siswa jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta tahun diklat 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan hasil korelasi Product Moment menunjukkan nilai rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,659 > 0,361; 2) Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata diklat akuntansi siswa jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta tahun diklat 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan hasil korelasi Product Moment menunjukkan nilai rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,680 > 0,361; 3) Ada hubungan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata diklat akuntan siswa jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta tahun diklat 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan hasil korelasi Product Moment menunjukkan nilai rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,744 > 0,361.