STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA PROGRAM BINA UNGGUL PUTRI
Main Author: | Januriska, Dita Elvy |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14008/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/17/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/ |
ctrlnum |
14008 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14008/</relation><title>STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA PROGRAM BINA UNGGUL PUTRI</title><creator>Januriska, Dita Elvy</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan umum dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran matematika Everyone is A Teacher Here di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri. Tujuan khusus mendeskr psikan proses pembelajaran matematika dan interaksi pembelajaran matematika Everyone is A Teacher Here di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan situs. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik analisis data
dilakukan secara interaktif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Proses pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri dengan penerapan strategi Everyone is A Teacher Here pada materi persegi panjang meliputi tiga aspek yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Pada perencanaan
pembelajarannya mencakup aspek komprehensif, sistematis, kontekstual, dan metodelogis dikatakan baik karena telah sesuai dengan silabus dan berfungsi sebagaimana mestinya. Pada pelaksanaan pembelajarannya memiliki prinsip
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi. (2) Interaksi antara guru dengan siswa terjalin dengan baik. Hal ini ditunjukkan bahwa guru sebagai informator, guru sebagai organisator, guru sebagai motivator, guru sebagai pengarah atau direktor, guru sebagai inisiator, guru sebagai transmitter, guru sebagai fasilitator, guru sebagai mediator, dan guru sebagai evaluator dapat tercapai dengan baik dan terjadi hubungan timbal balik yang berfungsi dengan baik. Dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi Everyone is A Teacher Here, kegiatan yang ada menimbulkan interaksi yang baik pula antara siswa dengan siswa yang terjadi di dalam kelas. Pada saat salah satu siswa mencoba menjadi “guru” di depan kelas, siswa yang lain menanggapinya. Diskusi dengan strategi Everyone is A Teacher Here menumbuhkan tanggung jawab dan partisipasi aktif dari setiap siswa dalam kelas.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/17/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Januriska, Dita Elvy (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA PROGRAM BINA UNGGUL PUTRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070273</relation><recordID>14008</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Januriska, Dita Elvy |
title |
STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA PROGRAM BINA UNGGUL PUTRI |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/14008/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/17/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/14008/ |
contents |
Tujuan umum dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran matematika Everyone is A Teacher Here di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri. Tujuan khusus mendeskr psikan proses pembelajaran matematika dan interaksi pembelajaran matematika Everyone is A Teacher Here di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan situs. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik analisis data
dilakukan secara interaktif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Proses pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri dengan penerapan strategi Everyone is A Teacher Here pada materi persegi panjang meliputi tiga aspek yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Pada perencanaan
pembelajarannya mencakup aspek komprehensif, sistematis, kontekstual, dan metodelogis dikatakan baik karena telah sesuai dengan silabus dan berfungsi sebagaimana mestinya. Pada pelaksanaan pembelajarannya memiliki prinsip
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi. (2) Interaksi antara guru dengan siswa terjalin dengan baik. Hal ini ditunjukkan bahwa guru sebagai informator, guru sebagai organisator, guru sebagai motivator, guru sebagai pengarah atau direktor, guru sebagai inisiator, guru sebagai transmitter, guru sebagai fasilitator, guru sebagai mediator, dan guru sebagai evaluator dapat tercapai dengan baik dan terjadi hubungan timbal balik yang berfungsi dengan baik. Dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi Everyone is A Teacher Here, kegiatan yang ada menimbulkan interaksi yang baik pula antara siswa dengan siswa yang terjadi di dalam kelas. Pada saat salah satu siswa mencoba menjadi “guru” di depan kelas, siswa yang lain menanggapinya. Diskusi dengan strategi Everyone is A Teacher Here menumbuhkan tanggung jawab dan partisipasi aktif dari setiap siswa dalam kelas. |
id |
IOS2728.14008 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810574529134592 |
score |
17.538404 |