ctrlnum 14008
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/14008/</relation><title>STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA PROGRAM BINA UNGGUL PUTRI</title><creator>Januriska, Dita Elvy</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan umum dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran matematika Everyone is A Teacher Here di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri. Tujuan khusus mendeskr psikan proses pembelajaran matematika dan interaksi pembelajaran matematika Everyone is A Teacher Here di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan situs. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik analisis data&#xD; dilakukan secara interaktif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Proses pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri dengan penerapan strategi Everyone is A Teacher Here pada materi persegi panjang meliputi tiga aspek yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Pada perencanaan&#xD; pembelajarannya mencakup aspek komprehensif, sistematis, kontekstual, dan metodelogis dikatakan baik karena telah sesuai dengan silabus dan berfungsi sebagaimana mestinya. Pada pelaksanaan pembelajarannya memiliki prinsip&#xD; interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi. (2) Interaksi antara guru dengan siswa terjalin dengan baik. Hal ini ditunjukkan bahwa guru sebagai informator, guru sebagai organisator, guru sebagai motivator, guru sebagai pengarah atau direktor, guru sebagai inisiator, guru sebagai transmitter, guru sebagai fasilitator, guru sebagai mediator, dan guru sebagai evaluator dapat tercapai dengan baik dan terjadi hubungan timbal balik yang berfungsi dengan baik. Dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi Everyone is A Teacher Here, kegiatan yang ada menimbulkan interaksi yang baik pula antara siswa dengan siswa yang terjadi di dalam kelas. Pada saat salah satu siswa mencoba menjadi &#x201C;guru&#x201D; di depan kelas, siswa yang lain menanggapinya. Diskusi dengan strategi Everyone is A Teacher Here menumbuhkan tanggung jawab dan partisipasi aktif dari setiap siswa dalam kelas.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/14008/17/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Januriska, Dita Elvy (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA PROGRAM BINA UNGGUL PUTRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070273</relation><recordID>14008</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Januriska, Dita Elvy
title STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA PROGRAM BINA UNGGUL PUTRI
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/14008/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14008/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14008/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14008/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14008/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14008/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14008/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14008/17/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/14008/
contents Tujuan umum dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran matematika Everyone is A Teacher Here di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri. Tujuan khusus mendeskr psikan proses pembelajaran matematika dan interaksi pembelajaran matematika Everyone is A Teacher Here di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan situs. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Proses pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri dengan penerapan strategi Everyone is A Teacher Here pada materi persegi panjang meliputi tiga aspek yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Pada perencanaan pembelajarannya mencakup aspek komprehensif, sistematis, kontekstual, dan metodelogis dikatakan baik karena telah sesuai dengan silabus dan berfungsi sebagaimana mestinya. Pada pelaksanaan pembelajarannya memiliki prinsip interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi. (2) Interaksi antara guru dengan siswa terjalin dengan baik. Hal ini ditunjukkan bahwa guru sebagai informator, guru sebagai organisator, guru sebagai motivator, guru sebagai pengarah atau direktor, guru sebagai inisiator, guru sebagai transmitter, guru sebagai fasilitator, guru sebagai mediator, dan guru sebagai evaluator dapat tercapai dengan baik dan terjadi hubungan timbal balik yang berfungsi dengan baik. Dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi Everyone is A Teacher Here, kegiatan yang ada menimbulkan interaksi yang baik pula antara siswa dengan siswa yang terjadi di dalam kelas. Pada saat salah satu siswa mencoba menjadi “guru” di depan kelas, siswa yang lain menanggapinya. Diskusi dengan strategi Everyone is A Teacher Here menumbuhkan tanggung jawab dan partisipasi aktif dari setiap siswa dalam kelas.
id IOS2728.14008
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:08Z
recordtype dc
_version_ 1765810574529134592
score 17.538404