PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bulu)
Main Author: | Fatimah, Fatimah |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14004/1/Lampiaran_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/14004/2/Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14004/5/Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14004/7/Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14004/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14004/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14004/12/DafTar_puStaKa.pdf http://eprints.ums.ac.id/14004/14/Lampiran_Belakang.pdf http://eprints.ums.ac.id/14004/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat minat terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara strategi reciprocal teaching dengan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 3 Bulu tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas dan siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 3 Mojolaban tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,907, (2) ada pengaruh tingkat minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 4,451, dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,376.