PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2010 / 2011)
Main Author: | Istikhomah, Istikhomah |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/14002/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/14002/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/14002/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/14002/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/14002/6/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/14002/9/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/14002/11/08._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/14002/12/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/14002/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Van Hiele di SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Van Hiele di SMP Negeri 2 Banyudono. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 9,38%, putaran I 18,75%, putaran II 19,63%, dan di akhir 21,88 %. b) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,38%, putaran I 18,75%, putaran II 21,87% dan di akhir tindakan 31,25%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 15,63%, putaran I 21,88%, putaran II 25% dan di akhir tindakan 40,63%, d) mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan 6,25%, putaran I 9,38%, putaran II 15,63% dan di akhir tindakan 21,87%, e) mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan 50%, putaran I 56,25%, putaran II 62,5% dan di akhir tindakan 78,13% dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 46,88%, putaran I 59,37%, putaran II 71,88%, putaran III 78,13%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.