OPTIMALISASI ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI SISWA DALAM MATEMATIKA (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: Purwani, Lisep Maya
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13997/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13997/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13997/5/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13997/6/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13997/8/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13997/10/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13997/11/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13997/14/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13997/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 5 Surakarta pada proses pembelajaran melalui metode pembelajaran open-ended problem solving pada segitiga dan segiempat. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui tiga alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode open-ended problem solving dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: 1) mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan 13,5% dan setelah tindakan 83,3%; 2) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 5,4% dan setelah tindakan 16,67%; 3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 2,7% dan setelah tindakan 16,67%; 4) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 5,4% dan setelah tindakan 16,67%; 5) menggunakan variasi cara dalam menyelesaikan soal sebelum tindakan 5,4% dan setelah tindakan 27,78%; 6) prestasi belajar siswa sebelum tindakan 27% dan setelah tindakan 83,33%. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Open-ended Problem Solving dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.