PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (PTK Terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2010/2011)

Main Author: Wulansari, Arum
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13995/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/10/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/24/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/25/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/
ctrlnum 13995
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13995/</relation><title>PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (PTK Terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2010/2011)</title><creator>Wulansari, Arum</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Problem Based Learning. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek &#x2013; aspek berikut : 1) antusias siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum tindakan 31,25 % meningkat sebanyak 75 % pada akhir tindakan; 2) siswa yang memberi tanggapan guru atau siswa lain sebelum tindakan 9,38 % meningkat sebanyak 62,5 % pada akhir tindakan; 3) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 15,63% meningkat sebanyak 62,63 % pada akhir tindakan; 4) siswa yang menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 6,25 % meningkat sebanyak 34,38 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13995/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13995/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13995/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13995/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13995/7/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13995/10/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13995/24/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13995/25/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Wulansari, Arum (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (PTK Terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070138</relation><recordID>13995</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Wulansari, Arum
title PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (PTK Terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2010/2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13995/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/10/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/24/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/25/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13995/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Problem Based Learning. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) antusias siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum tindakan 31,25 % meningkat sebanyak 75 % pada akhir tindakan; 2) siswa yang memberi tanggapan guru atau siswa lain sebelum tindakan 9,38 % meningkat sebanyak 62,5 % pada akhir tindakan; 3) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 15,63% meningkat sebanyak 62,63 % pada akhir tindakan; 4) siswa yang menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 6,25 % meningkat sebanyak 34,38 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa.
id IOS2728.13995
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:08Z
recordtype dc
_version_ 1765810574236581888
score 17.538404