PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: Hartatik, Sri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13973/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/
ctrlnum 13973
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13973/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN&#xD; MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE&#xD; CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH&#xD; TAHUN PELAJARAN 2010/2011</title><creator>Hartatik, Sri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan besarnya&#xD; peningkatan hubungan belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan&#xD; melalui metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) pada&#xD; siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih tahun ajaran&#xD; 2010/2011.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian&#xD; terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu&#xD; perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi&#xD; (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik&#xD; analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data,&#xD; dan penarikan kesimpulan.&#xD; Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar IPS siswa diperoleh data&#xD; ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 40% dan meningkat pada siklus II&#xD; sebesar 75%, serta optimal dan mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus&#xD; III sebesar 85%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada&#xD; setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 85% siswa dapat memenuhi&#xD; nilai KKM (70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan&#xD; metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition)dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan&#xD; Matesih tahun ajaran 2010/2011.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hartatik, Sri (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><recordID>13973</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hartatik, Sri
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13973/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13973/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan besarnya peningkatan hubungan belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar IPS siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 40% dan meningkat pada siklus II sebesar 75%, serta optimal dan mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus III sebesar 85%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 85% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition)dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih tahun ajaran 2010/2011.
id IOS2728.13973
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:03Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810574152695808
score 17.538404