PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | Hartatik, Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13973/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/ |
ctrlnum |
13973 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13973/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN
MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE
CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH
TAHUN PELAJARAN 2010/2011</title><creator>Hartatik, Sri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan besarnya
peningkatan hubungan belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
melalui metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) pada
siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih tahun ajaran
2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian
terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi
(reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar IPS siswa diperoleh data
ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 40% dan meningkat pada siklus II
sebesar 75%, serta optimal dan mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus
III sebesar 85%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada
setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 85% siswa dapat memenuhi
nilai KKM (70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan
metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition)dapat
meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan
Matesih tahun ajaran 2010/2011.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13973/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hartatik, Sri (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><recordID>13973</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Hartatik, Sri |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN
MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE
CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH
TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13973/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13973/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan besarnya
peningkatan hubungan belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
melalui metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) pada
siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih tahun ajaran
2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian
terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi
(reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar IPS siswa diperoleh data
ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 40% dan meningkat pada siklus II
sebesar 75%, serta optimal dan mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus
III sebesar 85%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada
setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 85% siswa dapat memenuhi
nilai KKM (70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan
metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition)dapat
meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan
Matesih tahun ajaran 2010/2011. |
id |
IOS2728.13973 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:03Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810574152695808 |
score |
17.538404 |