PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA BAGI SISWA BERKESULITAN BELAJAR DENGAN PENERAPAN REMIDIAL TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI 02 JATIKUWUNG KECAMATAN JATIPURO TAHUN 2010/2011

Main Author: WIDAYATI, MURNI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13972/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13972/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13972/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13972/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13972/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13972/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13972/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13972/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13972/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 02 Jatikuwung yang berjumlah 19 siswa. Adapun prosedur penelitian ada dua siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan remedial teaching dapat meningkatkan motivasi belajar IPA bagi siswa yang berkesulitan belajar di kelas IV SDN 02 Jatikuwung kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2010/2011. Adapun hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah untuk mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: melalui penerapan remedial teaching dapat meningkatkan motivasi belajar bagi siswa berkesulitan belajar di kelas IV SD Negeri 02 Jatikuwung kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2010/2011”. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Adanya peningkatan motivasi dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi: 1) kesunguhan dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 42 % dan diakhir tindakan 92 %, 2) Siswa mau Memperhatikan penjelasan dari guru sebelum tindakan 33 % dan diakhir tindakan 83 %, 3) Siswa berani menanyakan materi yang belum jelas kepada guru ataupun siswa lain sebelum tindakan 17 % dan diakhir tindakan 67, 4) Siswa berani menjawab pertanyaan guru maupun dari siswa lain sebelum tindakan 8 % dan diakhir tindakan 75 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode remedial teaching dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada meningkatnya hasilmbelajar siswa.