UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: ADANI, ANGGUN
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13960/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/7/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/10/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/13/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/16/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/22/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/
ctrlnum 13960
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13960/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN&#xD; STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MACROMEDIA FLASH&#xD; PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII D SMP&#xD; MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011&#xD; </title><creator>ADANI, ANGGUN </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan&#xD; cara memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnnya&#xD; adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi&#xD; pendidikan. Pada hasil observasi awal kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2&#xD; Surakarta tahun ajaran 2010/2011 diketahui bahwa selama proses pembelajaran&#xD; ditemukan kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran, maka dari itu perlu&#xD; adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan&#xD; penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunaan&#xD; strategi pembelajaran Card Sort dan Macromedia flash dapat meningkatkan hasil&#xD; belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII D SMP&#xD; Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan&#xD; penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan,&#xD; observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran Card Sort dan&#xD; Macromedia flash yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan&#xD; penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang&#xD; diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I&#xD; meningkat menjadi 64,25 dengan simpangan baku (standar deviasi) 8,06 dari nilai&#xD; awal sebesar 56,70 dengan simpangan baku (standar deviasi) 9,58; sedangkan&#xD; nilai rata-rata afektif sebesar 15,47 (termasuk kategori cukup/sedang). Nilai rata-&#xD; rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 70,85 dengan simpangan baku&#xD; (standar deviasi) 6,21 dari siklus I yang hanya 64,25 dengan simpangan baku&#xD; (standar deviasi) 8,06; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 20,03&#xD; (termasuk kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa&#xD; adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran&#xD; Card Sort dan Macromedia flash pada materi gerak pada tumbuhan siswa kelas&#xD; VIII D SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 pada penilaian&#xD; aspek afektif dan aspek kognitif&#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/7/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/10/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/13/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/16/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/22/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ADANI, ANGGUN (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420070042</relation><recordID>13960</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ADANI, ANGGUN
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13960/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/7/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/10/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/13/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/16/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/22/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13960/
contents Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan cara memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnnya adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan. Pada hasil observasi awal kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 diketahui bahwa selama proses pembelajaran ditemukan kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran, maka dari itu perlu adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunaan strategi pembelajaran Card Sort dan Macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran Card Sort dan Macromedia flash yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 64,25 dengan simpangan baku (standar deviasi) 8,06 dari nilai awal sebesar 56,70 dengan simpangan baku (standar deviasi) 9,58; sedangkan nilai rata-rata afektif sebesar 15,47 (termasuk kategori cukup/sedang). Nilai rata- rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 70,85 dengan simpangan baku (standar deviasi) 6,21 dari siklus I yang hanya 64,25 dengan simpangan baku (standar deviasi) 8,06; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 20,03 (termasuk kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dan Macromedia flash pada materi gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 pada penilaian aspek afektif dan aspek kognitif
id IOS2728.13960
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:03Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810574112849920
score 17.538404