UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | ADANI, ANGGUN |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13960/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/7/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/10/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/13/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/16/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/22/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/ |
ctrlnum |
13960 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13960/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN
STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MACROMEDIA FLASH
PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII D SMP
MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
</title><creator>ADANI, ANGGUN </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan
cara memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnnya
adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi
pendidikan. Pada hasil observasi awal kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2
Surakarta tahun ajaran 2010/2011 diketahui bahwa selama proses pembelajaran
ditemukan kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran, maka dari itu perlu
adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunaan
strategi pembelajaran Card Sort dan Macromedia flash dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII D SMP
Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran Card Sort dan
Macromedia flash yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan
penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang
diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I
meningkat menjadi 64,25 dengan simpangan baku (standar deviasi) 8,06 dari nilai
awal sebesar 56,70 dengan simpangan baku (standar deviasi) 9,58; sedangkan
nilai rata-rata afektif sebesar 15,47 (termasuk kategori cukup/sedang). Nilai rata-
rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 70,85 dengan simpangan baku
(standar deviasi) 6,21 dari siklus I yang hanya 64,25 dengan simpangan baku
(standar deviasi) 8,06; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 20,03
(termasuk kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran
Card Sort dan Macromedia flash pada materi gerak pada tumbuhan siswa kelas
VIII D SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 pada penilaian
aspek afektif dan aspek kognitif
</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/7/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/10/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/13/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/16/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13960/22/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ADANI, ANGGUN (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420070042</relation><recordID>13960</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
ADANI, ANGGUN |
title |
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN
STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MACROMEDIA FLASH
PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII D SMP
MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13960/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/7/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/10/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/13/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/16/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/22/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13960/ |
contents |
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan
cara memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnnya
adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi
pendidikan. Pada hasil observasi awal kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2
Surakarta tahun ajaran 2010/2011 diketahui bahwa selama proses pembelajaran
ditemukan kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran, maka dari itu perlu
adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunaan
strategi pembelajaran Card Sort dan Macromedia flash dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII D SMP
Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran Card Sort dan
Macromedia flash yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan
penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang
diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I
meningkat menjadi 64,25 dengan simpangan baku (standar deviasi) 8,06 dari nilai
awal sebesar 56,70 dengan simpangan baku (standar deviasi) 9,58; sedangkan
nilai rata-rata afektif sebesar 15,47 (termasuk kategori cukup/sedang). Nilai rata-
rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 70,85 dengan simpangan baku
(standar deviasi) 6,21 dari siklus I yang hanya 64,25 dengan simpangan baku
(standar deviasi) 8,06; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 20,03
(termasuk kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran
Card Sort dan Macromedia flash pada materi gerak pada tumbuhan siswa kelas
VIII D SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 pada penilaian
aspek afektif dan aspek kognitif
|
id |
IOS2728.13960 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:03Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810574112849920 |
score |
17.538404 |