STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS RME DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SINGOPURAN 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: NOVIASIH, EKO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13951/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13951/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13951/3/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13951/4/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13951/5/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13951/6/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13951/10/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13951/12/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13951/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan RME dan pendekatan konvensional khususnya pada pokok bahasan bangun datar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Singopuran 01 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen, kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan t-test. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung(α=0,05) = 2,074 dan ttabel = 1,999. Karena thitung > ttabel, berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan RME dan pendekatan konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan RME lebih memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional, khususnya pada pokok bahasan bangun datar.