STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N GUMPANG 01 KARTASURA SUKOHARJO 2010/2011

Main Author: Widodo, Widodo
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13950/1/LAMPIRAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/2/BAB_I_ok.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/3/BAB_II_ok.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/6/BAB_III_ok.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/25/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/
ctrlnum 13950
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13950/</relation><title>STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI&#xD; DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N GUMPANG 01 KARTASURA SUKOHARJO 2010/2011&#xD; </title><creator>Widodo, Widodo</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam antara metode inkuiri dengan metode konvensional pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode pembelajaran inkuiri dan metode konvensional sebagai variabel bebas, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan t test.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil pre test kedua kelompok sebesar 72. Hasil uji t diperoleh = 0,00 &lt; = 2,00172. Hal ini menunjukkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai kemampuan awal yang relatif sama dalam memahami materi pokok sumber daya alam sebelum mengikuti pembelajaran. Rata-rata hasil post test kelompok eksperimen sebesar 90 dan kelompok kontrol 60. Hasil uji t data post test diperoleh = 40,0855 &gt; = 2,00172. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar IPA materi sumber daya alam antara metode inkuiri dengan metode konvensional. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen yang lebih tinggi menunjukkan pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan metode konvensional.&#xD; Beberapa saran yang dapat penulis ajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini yaitu dalam kaitannya dengan pembelajaran IPA materi sumber daya alam dapat digunakan metode pembelajaran inkuiri karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu guru hendaknya mempertimbangkan penggunaan metode ini saat akan melaksanakan pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam.&#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13950/1/LAMPIRAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13950/2/BAB_I_ok.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13950/3/BAB_II_ok.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13950/6/BAB_III_ok.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13950/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13950/13/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13950/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13950/25/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Widodo, Widodo (2011) STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N GUMPANG 01 KARTASURA SUKOHARJO 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><recordID>13950</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Widodo, Widodo
title STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N GUMPANG 01 KARTASURA SUKOHARJO 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13950/1/LAMPIRAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/2/BAB_I_ok.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/3/BAB_II_ok.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/6/BAB_III_ok.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/25/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13950/
contents Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam antara metode inkuiri dengan metode konvensional pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode pembelajaran inkuiri dan metode konvensional sebagai variabel bebas, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan t test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil pre test kedua kelompok sebesar 72. Hasil uji t diperoleh = 0,00 < = 2,00172. Hal ini menunjukkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai kemampuan awal yang relatif sama dalam memahami materi pokok sumber daya alam sebelum mengikuti pembelajaran. Rata-rata hasil post test kelompok eksperimen sebesar 90 dan kelompok kontrol 60. Hasil uji t data post test diperoleh = 40,0855 > = 2,00172. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar IPA materi sumber daya alam antara metode inkuiri dengan metode konvensional. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen yang lebih tinggi menunjukkan pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan metode konvensional. Beberapa saran yang dapat penulis ajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini yaitu dalam kaitannya dengan pembelajaran IPA materi sumber daya alam dapat digunakan metode pembelajaran inkuiri karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu guru hendaknya mempertimbangkan penggunaan metode ini saat akan melaksanakan pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam.
id IOS2728.13950
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:03Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810574077198336
score 17.538404