UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DISKRIPSI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) PADA SISWA KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUHAN KERTEN NO.58 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: SANTIAWATI. A, ERLINA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13940/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13940/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13940/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13940/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13940/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13940/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13940/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13940/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13940/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV B SDN Dukuhan Kerten Surakarta melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Tahun Ajaran 2009/ 2010. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan menulis deskripsi siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan CTL. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV B SDN Dukuhan Kerten No. 58, Laweyan, Surakarta yang berjumlah 34 anak. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa ada peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa setelah dilaksanakan tindakan kelas dengan pendekatan kontekstual. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan menulis deskripsi siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Siklus I ada peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dari rata-rata 62,73 menjadi 68,32 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 44,11% menjadi 67,64%. Sedangkan di siklus II terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dari rata-rata siklus I yaitu 68,32 menjadi 73,61 dan dari pencapaian KKM 67,64% menjadi 79,41%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV B SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011.