PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI POKOK PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDANGALAS 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas)

Main Author: MEILAN, ANDIS
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13939/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/13/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/19/Lampiran-lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/
ctrlnum 13939
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13939/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI POKOK PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDANGALAS 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas)</title><creator>MEILAN, ANDIS</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada materi pokok perjuangan melawan penjajah&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gedangalas 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi dan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus .&#xD; Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui metode team quiz terbukti siswa yang mendapatkan nilai free test diatas 70 sebanyak 5 siswa sekitar 27,77 %. Setelah melaksanakan siklus I hasil yang mendapatkan nilai diatas 70 sebanyak 11 siswa sekitar 61,11 % (mengalami peningkatan sebesar 33,34 %). Pada siklus II yang mendapat nilai 70 sebanyak 17 siswa hasil belajar yang dicapai sebesar 94,44% (mengalami peningkatan sebesar 33,33 %).&#xD; Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13939/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13939/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13939/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13939/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13939/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13939/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13939/13/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13939/19/Lampiran-lampiran.pdf</identifier><identifier> MEILAN, ANDIS (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI POKOK PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDANGALAS 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070053</relation><recordID>13939</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MEILAN, ANDIS
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI POKOK PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDANGALAS 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13939/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/13/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/19/Lampiran-lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13939/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada materi pokok perjuangan melawan penjajah Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gedangalas 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi dan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus . Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui metode team quiz terbukti siswa yang mendapatkan nilai free test diatas 70 sebanyak 5 siswa sekitar 27,77 %. Setelah melaksanakan siklus I hasil yang mendapatkan nilai diatas 70 sebanyak 11 siswa sekitar 61,11 % (mengalami peningkatan sebesar 33,34 %). Pada siklus II yang mendapat nilai 70 sebanyak 17 siswa hasil belajar yang dicapai sebesar 94,44% (mengalami peningkatan sebesar 33,33 %). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
id IOS2728.13939
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:03Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810574042595328
score 17.538404