PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN GAMBAR DALAM UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNA GRAHITA RINGAN (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas III Semester Gasal SDLB - C Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: ISNARDIANTINI, SAM
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13932/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13932/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13932/6/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13932/10/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13932/14/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13932/17/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13932/20/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13932/25/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13932/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa tuna grahita ringan dalam pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian melalui penggunaan media permainan gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SDLB-C Negeri Surakarta yang berjumlah 6 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah aktivitas belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan aktivitas belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar matematika meliputi: 1) mempraktikkan sendiri media permainan gambar sebelum tindakan 33,3 %, putaran I 66,7 %, dan di akhir tindakan 100 %, 2) menyelesaikan soal latihan sebelum tindakan 33,3 %, putaran I 66,7 %, dan di akhir tindakan 100 %, 3) mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum tindakan 16,7 %, putaran I 50%, dan di akhir tindakan 83,3 %, 4) mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan 100 %, putaran I 100 %, dan di akhir tindakan 100 %,Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media permainan gambar dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa tuna grahita ringan.