UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI INQUIRING MIND WHAT TO KNOW (PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Simo, Boyolali)
Main Author: | FATRIYAH, RATNAWATI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13930/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/9/SKRIPSI_FULL_TEXT.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/ |
ctrlnum |
13930 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13930/</relation><title> UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA
MELALUI STRATEGI INQUIRING MIND WHAT TO KNOW
(PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Simo, Boyolali)
</title><creator>FATRIYAH, RATNAWATI </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam
pembelajaran matematika melalui strategi inquiring mind what to know. Jenis
penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Simo Boyolali, yang berjumlah 28 siswa. Metode
pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.
Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data
dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know dapat
meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1)
antusias siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dilihat dari siswa
mempersiapkan perlengkapan tulis sebelum tindakan 25 % meningkat sebanyak
50 % pada akhir tindakan; 2) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau
siswa lain sebelum tindakan 17,85 %. meningkat sebanyak 53,57 % pada akhir
tindakan; 3) kemauan siswa menyelesaikan soal-soal pelajaran di depan kelas
sebelum tindakan 17,85 % meningkat sebanyak 57,54 % pada akhir tindakan; 4)
Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 10,71 %
meningkat sebanyak 35,71 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini
adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know
dapat meningkatkan minat belajar siswa.
</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/9/SKRIPSI_FULL_TEXT.pdf</identifier><identifier> FATRIYAH, RATNAWATI (2011) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI INQUIRING MIND WHAT TO KNOW (PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Simo, Boyolali). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070103</relation><recordID>13930</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
FATRIYAH, RATNAWATI |
title |
UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA
MELALUI STRATEGI INQUIRING MIND WHAT TO KNOW
(PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Simo, Boyolali) |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13930/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/9/SKRIPSI_FULL_TEXT.pdf http://eprints.ums.ac.id/13930/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam
pembelajaran matematika melalui strategi inquiring mind what to know. Jenis
penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Simo Boyolali, yang berjumlah 28 siswa. Metode
pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.
Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data
dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know dapat
meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1)
antusias siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dilihat dari siswa
mempersiapkan perlengkapan tulis sebelum tindakan 25 % meningkat sebanyak
50 % pada akhir tindakan; 2) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau
siswa lain sebelum tindakan 17,85 %. meningkat sebanyak 53,57 % pada akhir
tindakan; 3) kemauan siswa menyelesaikan soal-soal pelajaran di depan kelas
sebelum tindakan 17,85 % meningkat sebanyak 57,54 % pada akhir tindakan; 4)
Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 10,71 %
meningkat sebanyak 35,71 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini
adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know
dapat meningkatkan minat belajar siswa.
|
id |
IOS2728.13930 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:03Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810574010089472 |
score |
17.538404 |