ctrlnum 13930
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13930/</relation><title> UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA&#xD; MELALUI STRATEGI INQUIRING MIND WHAT TO KNOW&#xD; (PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Simo, Boyolali)&#xD; </title><creator>FATRIYAH, RATNAWATI </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam&#xD; pembelajaran matematika melalui strategi inquiring mind what to know. Jenis&#xD; penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa&#xD; kelas VII SMP Negeri 2 Simo Boyolali, yang berjumlah 28 siswa. Metode&#xD; pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.&#xD; Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data&#xD; dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa&#xD; pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know dapat&#xD; meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek &#x2013; aspek berikut : 1)&#xD; antusias siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dilihat dari siswa&#xD; mempersiapkan perlengkapan tulis sebelum tindakan 25 % meningkat sebanyak&#xD; 50 % pada akhir tindakan; 2) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau&#xD; siswa lain sebelum tindakan 17,85 %. meningkat sebanyak 53,57 % pada akhir&#xD; tindakan; 3) kemauan siswa menyelesaikan soal-soal pelajaran di depan kelas&#xD; sebelum tindakan 17,85 % meningkat sebanyak 57,54 % pada akhir tindakan; 4)&#xD; Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 10,71 %&#xD; meningkat sebanyak 35,71 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini&#xD; adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know&#xD; dapat meningkatkan minat belajar siswa.&#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13930/9/SKRIPSI_FULL_TEXT.pdf</identifier><identifier> FATRIYAH, RATNAWATI (2011) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI INQUIRING MIND WHAT TO KNOW (PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Simo, Boyolali). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070103</relation><recordID>13930</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author FATRIYAH, RATNAWATI
title UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI INQUIRING MIND WHAT TO KNOW (PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Simo, Boyolali)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13930/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13930/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13930/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13930/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13930/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13930/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13930/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13930/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13930/9/SKRIPSI_FULL_TEXT.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13930/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi inquiring mind what to know. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Simo Boyolali, yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) antusias siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dilihat dari siswa mempersiapkan perlengkapan tulis sebelum tindakan 25 % meningkat sebanyak 50 % pada akhir tindakan; 2) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 17,85 %. meningkat sebanyak 53,57 % pada akhir tindakan; 3) kemauan siswa menyelesaikan soal-soal pelajaran di depan kelas sebelum tindakan 17,85 % meningkat sebanyak 57,54 % pada akhir tindakan; 4) Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 10,71 % meningkat sebanyak 35,71 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know dapat meningkatkan minat belajar siswa.
id IOS2728.13930
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:03Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810574010089472
score 17.538404