IMPLEMENTASI STRATEGI FIRING LINE DAN ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (PADA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN AJARAN 2010/2011)

Main Author: SETYORINI, YENI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13918/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/7/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/10/05._BAB_III_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/13/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/16/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/22/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/
ctrlnum 13918
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13918/</relation><title>IMPLEMENTASI STRATEGI FIRING LINE DAN ROLE PLAY DALAM&#xD; PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI&#xD; BELAJAR SISWA (PADA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP&#xD; MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN AJARAN 2010/2011)&#xD; </title><creator>SETYORINI, YENI </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek strategi&#xD; pembelajaran Firing Line dan Role Play terhadap prestasi belajar matematika, (2)&#xD; perbedaan efek motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika,&#xD; (3)efek interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap&#xD; prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas&#xD; VII semester genap SMP Muhammadiyah 2 Masaran tahun ajaran 2010/2011&#xD; sebanyak sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas,&#xD; yaitu siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII G sebagai&#xD; kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random&#xD; sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket&#xD; sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis&#xD; yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel&#xD; tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari&#xD; hasil penelitian pada &#xF061; &#xF03D; 5% , diperoleh: (1) ada perbedaan efek antara strategi&#xD; pembelajaran Firing Line dan Role Play tehadap prestasi belajar matematika,&#xD; dengan Fa = 7.391. Dengan melihat rata-rata kelas ekaperimen = 74.24 dan kelas&#xD; kontrol = 71.19, maka strategi Firing Line lebih baik daripada strategi Role Play,&#xD; (2) ada perbedaan efek motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar&#xD; matematika, dengan Fb = 23.829, (3) tidak ada efek interaksi antara strategi&#xD; pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika,&#xD; dengan Fab = 0.011.&#xD; &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/7/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/10/05._BAB_III_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/13/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/16/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/22/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SETYORINI, YENI (2011) IMPLEMENTASI STRATEGI FIRING LINE DAN ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (PADA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN AJARAN 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070271</relation><recordID>13918</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SETYORINI, YENI
title IMPLEMENTASI STRATEGI FIRING LINE DAN ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (PADA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13918/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/7/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/10/05._BAB_III_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/13/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/16/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/22/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13918/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek strategi pembelajaran Firing Line dan Role Play terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3)efek interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII semester genap SMP Muhammadiyah 2 Masaran tahun ajaran 2010/2011 sebanyak sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada   5% , diperoleh: (1) ada perbedaan efek antara strategi pembelajaran Firing Line dan Role Play tehadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 7.391. Dengan melihat rata-rata kelas ekaperimen = 74.24 dan kelas kontrol = 71.19, maka strategi Firing Line lebih baik daripada strategi Role Play, (2) ada perbedaan efek motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 23.829, (3) tidak ada efek interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0.011.
id IOS2728.13918
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:03Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810573969195008
score 17.538404