IMPLEMENTASI STRATEGI FIRING LINE DAN ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (PADA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
Main Author: | SETYORINI, YENI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13918/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/7/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/10/05._BAB_III_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/13/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/16/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/22/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/ |
ctrlnum |
13918 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13918/</relation><title>IMPLEMENTASI STRATEGI FIRING LINE DAN ROLE PLAY DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI
BELAJAR SISWA (PADA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP
MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
</title><creator>SETYORINI, YENI </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek strategi
pembelajaran Firing Line dan Role Play terhadap prestasi belajar matematika, (2)
perbedaan efek motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika,
(3)efek interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap
prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas
VII semester genap SMP Muhammadiyah 2 Masaran tahun ajaran 2010/2011
sebanyak sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas,
yaitu siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII G sebagai
kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random
sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket
sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel
tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari
hasil penelitian pada   5% , diperoleh: (1) ada perbedaan efek antara strategi
pembelajaran Firing Line dan Role Play tehadap prestasi belajar matematika,
dengan Fa = 7.391. Dengan melihat rata-rata kelas ekaperimen = 74.24 dan kelas
kontrol = 71.19, maka strategi Firing Line lebih baik daripada strategi Role Play,
(2) ada perbedaan efek motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika, dengan Fb = 23.829, (3) tidak ada efek interaksi antara strategi
pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika,
dengan Fab = 0.011.

</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/7/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/10/05._BAB_III_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/13/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/16/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13918/22/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SETYORINI, YENI (2011) IMPLEMENTASI STRATEGI FIRING LINE DAN ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (PADA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN AJARAN 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070271</relation><recordID>13918</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SETYORINI, YENI |
title |
IMPLEMENTASI STRATEGI FIRING LINE DAN ROLE PLAY DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI
BELAJAR SISWA (PADA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP
MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN AJARAN 2010/2011) |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13918/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/7/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/10/05._BAB_III_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/13/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/16/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/22/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13918/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek strategi
pembelajaran Firing Line dan Role Play terhadap prestasi belajar matematika, (2)
perbedaan efek motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika,
(3)efek interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap
prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas
VII semester genap SMP Muhammadiyah 2 Masaran tahun ajaran 2010/2011
sebanyak sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas,
yaitu siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII G sebagai
kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random
sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket
sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel
tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari
hasil penelitian pada 5% , diperoleh: (1) ada perbedaan efek antara strategi
pembelajaran Firing Line dan Role Play tehadap prestasi belajar matematika,
dengan Fa = 7.391. Dengan melihat rata-rata kelas ekaperimen = 74.24 dan kelas
kontrol = 71.19, maka strategi Firing Line lebih baik daripada strategi Role Play,
(2) ada perbedaan efek motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika, dengan Fb = 23.829, (3) tidak ada efek interaksi antara strategi
pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika,
dengan Fab = 0.011.
|
id |
IOS2728.13918 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:03Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810573969195008 |
score |
17.538404 |