PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI ALAT PERAGA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010)

Main Author: WAHYUDYATI, EMA TRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13917/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/3/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/5/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/9/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/12/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/17/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/20/Lampiran-Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/
ctrlnum 13917
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13917/</relation><title> PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA&#xD; KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN&#xD; KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN&#xD; MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS&#xD; SEBAGAI ALAT PERAGA&#xD; (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010)&#xD; </title><creator>WAHYUDYATI, EMA TRI </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan&#xD; peningkatan kreativitas siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran melalui&#xD; strategi Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) dengan mengoptimalkan barang&#xD; bekas sebagai alat peraga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain&#xD; penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yang&#xD; dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N 1 Ngrampal Sragen yang&#xD; berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika&#xD; bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes,&#xD; catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik&#xD; analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data&#xD; dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kreativitas&#xD; belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kreativitas&#xD; belajar matematika meliputi: 1) banyaknya siswa yang antusias dalam&#xD; mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 39,39 % dan di akhir tindakan 88, 23&#xD; %, 2) siswa yang menemukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum&#xD; tindakan 27. 27 % dan di akhir tindakan 79,41 %, 3) siswa yang memberikan&#xD; tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 42. 42 % dan di akhir&#xD; tindakan 85. 29 %. Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan kreativitas&#xD; belajar matematika kubus dan balok melalui strategi pembelajaran Kepala&#xD; Bernomor Terstruktur dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai alat peraga .&#xD; &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/3/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/5/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/9/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/12/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/17/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/20/Lampiran-Lampiran.pdf</identifier><identifier> WAHYUDYATI, EMA TRI (2011) PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI ALAT PERAGA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060286</relation><recordID>13917</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WAHYUDYATI, EMA TRI
title PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI ALAT PERAGA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13917/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/3/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/5/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/9/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/12/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/17/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/20/Lampiran-Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13917/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran melalui strategi Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai alat peraga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N 1 Ngrampal Sragen yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kreativitas belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kreativitas belajar matematika meliputi: 1) banyaknya siswa yang antusias dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 39,39 % dan di akhir tindakan 88, 23 %, 2) siswa yang menemukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 27. 27 % dan di akhir tindakan 79,41 %, 3) siswa yang memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 42. 42 % dan di akhir tindakan 85. 29 %. Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan kreativitas belajar matematika kubus dan balok melalui strategi pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai alat peraga .
id IOS2728.13917
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:00Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810573965000704
score 17.538404