PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI ALAT PERAGA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010)
Main Author: | WAHYUDYATI, EMA TRI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13917/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/3/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/5/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/9/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/12/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/17/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/20/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/ |
ctrlnum |
13917 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13917/</relation><title> PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA
KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN
KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN
MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS
SEBAGAI ALAT PERAGA
(PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010)
</title><creator>WAHYUDYATI, EMA TRI </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan
peningkatan kreativitas siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran melalui
strategi Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) dengan mengoptimalkan barang
bekas sebagai alat peraga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yang
dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N 1 Ngrampal Sragen yang
berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika
bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes,
catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kreativitas
belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kreativitas
belajar matematika meliputi: 1) banyaknya siswa yang antusias dalam
mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 39,39 % dan di akhir tindakan 88, 23
%, 2) siswa yang menemukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum
tindakan 27. 27 % dan di akhir tindakan 79,41 %, 3) siswa yang memberikan
tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 42. 42 % dan di akhir
tindakan 85. 29 %. Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan kreativitas
belajar matematika kubus dan balok melalui strategi pembelajaran Kepala
Bernomor Terstruktur dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai alat peraga .

</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/3/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/5/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/9/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/12/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/17/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13917/20/Lampiran-Lampiran.pdf</identifier><identifier> WAHYUDYATI, EMA TRI (2011) PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI ALAT PERAGA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060286</relation><recordID>13917</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
WAHYUDYATI, EMA TRI |
title |
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA
KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN
KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN
MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS
SEBAGAI ALAT PERAGA
(PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010) |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13917/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/3/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/5/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/9/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/12/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/17/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/20/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13917/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan
peningkatan kreativitas siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran melalui
strategi Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) dengan mengoptimalkan barang
bekas sebagai alat peraga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yang
dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N 1 Ngrampal Sragen yang
berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika
bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes,
catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kreativitas
belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kreativitas
belajar matematika meliputi: 1) banyaknya siswa yang antusias dalam
mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 39,39 % dan di akhir tindakan 88, 23
%, 2) siswa yang menemukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum
tindakan 27. 27 % dan di akhir tindakan 79,41 %, 3) siswa yang memberikan
tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 42. 42 % dan di akhir
tindakan 85. 29 %. Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan kreativitas
belajar matematika kubus dan balok melalui strategi pembelajaran Kepala
Bernomor Terstruktur dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai alat peraga .
|
id |
IOS2728.13917 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:00Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810573965000704 |
score |
17.538404 |