UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEER LESSON (PTK Pada Kelas VII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 2 Masaran)
Main Author: | APRIYANI, ANGGA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13911/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/5/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/9/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/12/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/15/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/21/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/ |
ctrlnum |
13911 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13911/</relation><title> UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEER LESSON
(PTK Pada Kelas VII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 2 Masaran)
</title><creator>APRIYANI, ANGGA </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman
konsep belajar siswa dalam pembelajaraan matematika melalui metode
pembelajaran Peer Lesson pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa
kelas VIIH SMP Muhammadiyah 2 Masaran yang berjumlah 40 siswa dan subjek
pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, dokumentasi, dan
catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif
yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan
pemahaman konsep belajar matematika melalui metode Peer Lesson. Peningkatan
keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan
guru sebelum diadakan tindakan sebesar 30%, di akhir tindakan mencapai 90%. 2)
Keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan
sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 82,5%. 3) Respon siswa dalam
mengemukakan pendapat atau ide sebelum diadakan tindakan sebesar 27,5%, di
akhir tindakan mencapai 87,5%. 4) Keinginan atau kemauan siswa untuk bertanya
jika kurang jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 25%, di akhir tindakan
mencapai 85%. Peningkatan pemahaman konsep belajar siswa dapat dilihat dari :
1) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar
10%, di akhir tindakan mencapai 87,5%. 2) Kemampuan siswa menerapkan
konsep sebelum tindakan sebesar 20%, di akhir tindakan mencapai 90%. 3)
Kemampuan siswa memberi tanggapan sebelum tindakan sebesar 15%, di akhir
tindakan mencapai 85%. 4) Kemampuan siswa membuat kesimpulan sebelum
tindakan sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 92,5%. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penerapan metode Peer Lesson dalam pembelajaran
matematika pada pokok bahasan Himpunan dapat meningkatkan keaktifan dan
pemahaman konsep belajar siswa

</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/5/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/9/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/12/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/15/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/21/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> APRIYANI, ANGGA (2011) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEER LESSON (PTK Pada Kelas VII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 2 Masaran). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070238</relation><recordID>13911</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
APRIYANI, ANGGA |
title |
UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEER LESSON
(PTK Pada Kelas VII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 2 Masaran) |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13911/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/5/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/9/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/12/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/15/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/21/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13911/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman
konsep belajar siswa dalam pembelajaraan matematika melalui metode
pembelajaran Peer Lesson pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa
kelas VIIH SMP Muhammadiyah 2 Masaran yang berjumlah 40 siswa dan subjek
pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, dokumentasi, dan
catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif
yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan
pemahaman konsep belajar matematika melalui metode Peer Lesson. Peningkatan
keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan
guru sebelum diadakan tindakan sebesar 30%, di akhir tindakan mencapai 90%. 2)
Keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan
sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 82,5%. 3) Respon siswa dalam
mengemukakan pendapat atau ide sebelum diadakan tindakan sebesar 27,5%, di
akhir tindakan mencapai 87,5%. 4) Keinginan atau kemauan siswa untuk bertanya
jika kurang jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 25%, di akhir tindakan
mencapai 85%. Peningkatan pemahaman konsep belajar siswa dapat dilihat dari :
1) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar
10%, di akhir tindakan mencapai 87,5%. 2) Kemampuan siswa menerapkan
konsep sebelum tindakan sebesar 20%, di akhir tindakan mencapai 90%. 3)
Kemampuan siswa memberi tanggapan sebelum tindakan sebesar 15%, di akhir
tindakan mencapai 85%. 4) Kemampuan siswa membuat kesimpulan sebelum
tindakan sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 92,5%. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penerapan metode Peer Lesson dalam pembelajaran
matematika pada pokok bahasan Himpunan dapat meningkatkan keaktifan dan
pemahaman konsep belajar siswa
|
id |
IOS2728.13911 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:39:00Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810573939834880 |
score |
17.538404 |