ctrlnum 13911
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13911/</relation><title> UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP&#xD; BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEER LESSON&#xD; (PTK Pada Kelas VII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 2 Masaran)&#xD; </title><creator>APRIYANI, ANGGA </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman&#xD; konsep belajar siswa dalam pembelajaraan matematika melalui metode&#xD; pembelajaran Peer Lesson pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini&#xD; adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa&#xD; kelas VIIH SMP Muhammadiyah 2 Masaran yang berjumlah 40 siswa dan subjek&#xD; pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode&#xD; pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, dokumentasi, dan&#xD; catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif&#xD; yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan&#xD; kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan&#xD; pemahaman konsep belajar matematika melalui metode Peer Lesson. Peningkatan&#xD; keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan&#xD; guru sebelum diadakan tindakan sebesar 30%, di akhir tindakan mencapai 90%. 2)&#xD; Keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan&#xD; sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 82,5%. 3) Respon siswa dalam&#xD; mengemukakan pendapat atau ide sebelum diadakan tindakan sebesar 27,5%, di&#xD; akhir tindakan mencapai 87,5%. 4) Keinginan atau kemauan siswa untuk bertanya&#xD; jika kurang jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 25%, di akhir tindakan&#xD; mencapai 85%. Peningkatan pemahaman konsep belajar siswa dapat dilihat dari :&#xD; 1) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar&#xD; 10%, di akhir tindakan mencapai 87,5%. 2) Kemampuan siswa menerapkan&#xD; konsep sebelum tindakan sebesar 20%, di akhir tindakan mencapai 90%. 3)&#xD; Kemampuan siswa memberi tanggapan sebelum tindakan sebesar 15%, di akhir&#xD; tindakan mencapai 85%. 4) Kemampuan siswa membuat kesimpulan sebelum&#xD; tindakan sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 92,5%. Penelitian ini&#xD; menyimpulkan bahwa penerapan metode Peer Lesson dalam pembelajaran&#xD; matematika pada pokok bahasan Himpunan dapat meningkatkan keaktifan dan&#xD; pemahaman konsep belajar siswa&#xD; &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/5/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/9/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/12/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/15/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13911/21/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> APRIYANI, ANGGA (2011) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEER LESSON (PTK Pada Kelas VII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 2 Masaran). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070238</relation><recordID>13911</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author APRIYANI, ANGGA
title UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEER LESSON (PTK Pada Kelas VII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 2 Masaran)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13911/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13911/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13911/5/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13911/9/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13911/12/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13911/15/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13911/18/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13911/21/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13911/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep belajar siswa dalam pembelajaraan matematika melalui metode pembelajaran Peer Lesson pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIH SMP Muhammadiyah 2 Masaran yang berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep belajar matematika melalui metode Peer Lesson. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 30%, di akhir tindakan mencapai 90%. 2) Keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 82,5%. 3) Respon siswa dalam mengemukakan pendapat atau ide sebelum diadakan tindakan sebesar 27,5%, di akhir tindakan mencapai 87,5%. 4) Keinginan atau kemauan siswa untuk bertanya jika kurang jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 25%, di akhir tindakan mencapai 85%. Peningkatan pemahaman konsep belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 10%, di akhir tindakan mencapai 87,5%. 2) Kemampuan siswa menerapkan konsep sebelum tindakan sebesar 20%, di akhir tindakan mencapai 90%. 3) Kemampuan siswa memberi tanggapan sebelum tindakan sebesar 15%, di akhir tindakan mencapai 85%. 4) Kemampuan siswa membuat kesimpulan sebelum tindakan sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 92,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Peer Lesson dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Himpunan dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep belajar siswa
id IOS2728.13911
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:39:00Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810573939834880
score 17.538404