IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo )
Main Author: | ARIYANI, EKO ENDI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13904/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/12/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/14/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/19/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/ |
ctrlnum |
13904 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13904/</relation><title>IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN
TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo )</title><creator>ARIYANI, EKO ENDI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Perbedaan penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar siswa., (2) Perbedaan prestasi belajar siswa ditinju dari kemampuan awal, (3) Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Semester II SMP N 4
Mojosongo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII F sebagai kelas kontrol
yang dikenai metode Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi sebagai metode
bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) Ada perbedaan efek penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa=5,652 (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, dengan Fb=22,027 (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab=2,188. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembebelajaran dan kemampuan awal siswa, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan
kemampuan awal tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya pada sub pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/12/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/14/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/19/Lampiran.pdf</identifier><identifier> ARIYANI, EKO ENDI (2011) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070086</relation><recordID>13904</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
ARIYANI, EKO ENDI |
title |
IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN
TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo ) |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13904/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/12/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/14/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/19/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13904/ |
contents |
Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Perbedaan penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar siswa., (2) Perbedaan prestasi belajar siswa ditinju dari kemampuan awal, (3) Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Semester II SMP N 4
Mojosongo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII F sebagai kelas kontrol
yang dikenai metode Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi sebagai metode
bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) Ada perbedaan efek penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa=5,652 (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, dengan Fb=22,027 (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab=2,188. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembebelajaran dan kemampuan awal siswa, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan
kemampuan awal tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya pada sub pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi. |
id |
IOS2728.13904 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:59Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810573909426176 |
score |
17.538404 |