IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo )

Main Author: ARIYANI, EKO ENDI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13904/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/12/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/19/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/
ctrlnum 13904
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13904/</relation><title>IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN&#xD; TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL&#xD; ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo )</title><creator>ARIYANI, EKO ENDI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Perbedaan penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar siswa., (2) Perbedaan prestasi belajar siswa ditinju dari kemampuan awal, (3) Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Semester II SMP N 4&#xD; Mojosongo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII F sebagai kelas kontrol&#xD; yang dikenai metode Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi sebagai metode&#xD; bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) Ada perbedaan efek penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa=5,652 (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, dengan Fb=22,027 (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab=2,188. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembebelajaran dan kemampuan awal siswa, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan&#xD; kemampuan awal tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya pada sub pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/12/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/14/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13904/19/Lampiran.pdf</identifier><identifier> ARIYANI, EKO ENDI (2011) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070086</relation><recordID>13904</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ARIYANI, EKO ENDI
title IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo )
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13904/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/12/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/19/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13904/
contents Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Perbedaan penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar siswa., (2) Perbedaan prestasi belajar siswa ditinju dari kemampuan awal, (3) Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Semester II SMP N 4 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang dikenai metode Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) Ada perbedaan efek penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa=5,652 (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, dengan Fb=22,027 (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab=2,188. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembebelajaran dan kemampuan awal siswa, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya pada sub pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi.
id IOS2728.13904
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:59Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:03Z
recordtype dc
_version_ 1765810573909426176
score 17.538404