Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP N I Lasem yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode dokumentasi, metode catatan lapangan, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang bertanya bila belum jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 61,11%. 2) Siswa yang memperhatikan selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 50%, di akhir tindakan menjadi 91,67%. 3) Siswa yang mampu mengerjakan soal sebelum diadakannya tindakan sebesar 13,89%,di akhir tindakan menjadi 77,78%. 4) Siswa yang menjawab/menanggapi pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 27,78%, di akhir tindakan menjadi 72,22%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi belajar matematika dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review.