PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: HANANTO, HANANTO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13892/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/2/BAB_I_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/3/BAB_II_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/6/BAB_III_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/8/BAB_IV_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/10/BAB_V_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/
ctrlnum 13892
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13892/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO&#xD; BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 </title><creator>HANANTO, HANANTO</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pembelajaran melalui teknik Inquiry dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi kelas X-1 SMA&#xD; Negeri 1 Cepogo Boyolali, dan (2) mengetahui tentang keaktifan kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui teknik Inquiry dengan pendekatan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang&#xD; dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis deskripsi yang terjadi di kelas X-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang telah terkumpul&#xD; dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) pendekatan&#xD; kontekstual elemen inquiry efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan minat menulis karangan deskripsi siswa. Hal ini ditandai dengan persentase&#xD; keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 69,58 % sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 77,15%. (2) penerapan metode inquiry dapat meningkatkan life skill siswa dalam menulis deskripsi. Peningkatan life skill yang pertama terdapat pada personal skill yang meliputi, kemampuan menggali dan menemukan informasi, kemampuan mengolah informasi, kemampuan memecahkan masalah secara kreatif, dan siswa yang tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peningkatan life skill pada aspek social skill adalah aspek kemampuan&#xD; memecahkan masalah secara kreatif dan siswa yang tertib. Pada aspek academic skill yang meliputi aspek kecakapan bekerjasama dan kecakapan berkomunikasi.. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/2/BAB_I_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/3/BAB_II_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/6/BAB_III_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/8/BAB_IV_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/10/BAB_V_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HANANTO, HANANTO (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A310060080</relation><recordID>13892</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HANANTO, HANANTO
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13892/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/2/BAB_I_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/3/BAB_II_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/6/BAB_III_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/8/BAB_IV_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/10/BAB_V_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13892/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pembelajaran melalui teknik Inquiry dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali, dan (2) mengetahui tentang keaktifan kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui teknik Inquiry dengan pendekatan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis deskripsi yang terjadi di kelas X-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) pendekatan kontekstual elemen inquiry efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan minat menulis karangan deskripsi siswa. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 69,58 % sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 77,15%. (2) penerapan metode inquiry dapat meningkatkan life skill siswa dalam menulis deskripsi. Peningkatan life skill yang pertama terdapat pada personal skill yang meliputi, kemampuan menggali dan menemukan informasi, kemampuan mengolah informasi, kemampuan memecahkan masalah secara kreatif, dan siswa yang tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peningkatan life skill pada aspek social skill adalah aspek kemampuan memecahkan masalah secara kreatif dan siswa yang tertib. Pada aspek academic skill yang meliputi aspek kecakapan bekerjasama dan kecakapan berkomunikasi..
id IOS2728.13892
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:59Z
last_indexed 2016-09-22T02:39:03Z
recordtype dc
_version_ 1765810573608484864
score 17.538404