PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | HANANTO, HANANTO |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13892/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/2/BAB_I_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/3/BAB_II_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/6/BAB_III_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/8/BAB_IV_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/10/BAB_V_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/ |
ctrlnum |
13892 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13892/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO
BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 </title><creator>HANANTO, HANANTO</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pembelajaran melalui teknik Inquiry dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi kelas X-1 SMA
Negeri 1 Cepogo Boyolali, dan (2) mengetahui tentang keaktifan kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui teknik Inquiry dengan pendekatan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang
dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis deskripsi yang terjadi di kelas X-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang telah terkumpul
dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) pendekatan
kontekstual elemen inquiry efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan minat menulis karangan deskripsi siswa. Hal ini ditandai dengan persentase
keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 69,58 % sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 77,15%. (2) penerapan metode inquiry dapat meningkatkan life skill siswa dalam menulis deskripsi. Peningkatan life skill yang pertama terdapat pada personal skill yang meliputi, kemampuan menggali dan menemukan informasi, kemampuan mengolah informasi, kemampuan memecahkan masalah secara kreatif, dan siswa yang tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peningkatan life skill pada aspek social skill adalah aspek kemampuan
memecahkan masalah secara kreatif dan siswa yang tertib. Pada aspek academic skill yang meliputi aspek kecakapan bekerjasama dan kecakapan berkomunikasi.. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/2/BAB_I_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/3/BAB_II_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/6/BAB_III_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/8/BAB_IV_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/10/BAB_V_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13892/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HANANTO, HANANTO (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A310060080</relation><recordID>13892</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
HANANTO, HANANTO |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO
BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13892/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/2/BAB_I_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/3/BAB_II_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/6/BAB_III_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/8/BAB_IV_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/10/BAB_V_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13892/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pembelajaran melalui teknik Inquiry dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi kelas X-1 SMA
Negeri 1 Cepogo Boyolali, dan (2) mengetahui tentang keaktifan kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui teknik Inquiry dengan pendekatan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang
dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis deskripsi yang terjadi di kelas X-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang telah terkumpul
dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) pendekatan
kontekstual elemen inquiry efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan minat menulis karangan deskripsi siswa. Hal ini ditandai dengan persentase
keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 69,58 % sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 77,15%. (2) penerapan metode inquiry dapat meningkatkan life skill siswa dalam menulis deskripsi. Peningkatan life skill yang pertama terdapat pada personal skill yang meliputi, kemampuan menggali dan menemukan informasi, kemampuan mengolah informasi, kemampuan memecahkan masalah secara kreatif, dan siswa yang tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peningkatan life skill pada aspek social skill adalah aspek kemampuan
memecahkan masalah secara kreatif dan siswa yang tertib. Pada aspek academic skill yang meliputi aspek kecakapan bekerjasama dan kecakapan berkomunikasi.. |
id |
IOS2728.13892 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:59Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:39:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810573608484864 |
score |
17.538404 |