PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 MANYARAN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | PUTRI, BRIAN KARTIKASARI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13890/1/2._COVER.pdf http://eprints.ums.ac.id/13890/4/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13890/5/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13890/7/5._BAB__III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13890/9/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13890/11/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13890/13/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13890/15/9._ANGKET_PENELITIAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13890/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh positif dari intensitas bimbingan orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011 yang keseluruhan berjumlah 194 orang siswa, dan jumlah sampel penelitian sebanyak sampel penelitian 50 siswa. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian menggunakan analisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Hasil perhitungan regresi diperoleh harga Freg =9,647 , dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;47) adalah sebesar 2,84 dan pada taraf signifikansi 1% = 4,31. Hasil perhitungan membuktikan bahwa Fhitung > Ftabel = 9,647> 2,84 atau 26,424 > 4,31, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh intensitas bimbingan orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Variabel intensitas bimbingan orang tua memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 2,40% dan kelengkapan sarana belajar sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 0,93%. intensitas bimbingan orang tua memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 77,52% dan kelengkapan sarana belajar sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 29,94%. Dengan demikian nampak bahwa variabel kelengkapan sarana belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap motivasi belajar pada siswa. Oleh kerena itu jika kelengkapan sarana belajar semakin baik atau semakin lengkap maka dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari intensitas bimbingan orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011.