ctrlnum 13880
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13880/</relation><title>PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD N PELEMGADUNG KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator> Hidayati, Reny</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran PKn dengan metode Role Playing siswa memerankan secara langsung sesuai dengan perannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Pelemgadung 1 Karangmalang Sragen yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kelas V pada pokok materi menghargai keputusan bersama. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang tercapai daya serap &gt; 60 sebelum tindakan 48,48% setelah tindakan peningkatan siklus I 75,75% dan siklus II 87,87%.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13880/1/Halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13880/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13880/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13880/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13880/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13880/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13880/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13880/16/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Hidayati, Reny (2011) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD N PELEMGADUNG KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><recordID>13880</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hidayati, Reny
title PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD N PELEMGADUNG KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13880/1/Halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13880/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13880/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13880/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13880/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13880/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13880/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13880/16/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13880/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran PKn dengan metode Role Playing siswa memerankan secara langsung sesuai dengan perannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Pelemgadung 1 Karangmalang Sragen yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kelas V pada pokok materi menghargai keputusan bersama. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang tercapai daya serap > 60 sebelum tindakan 48,48% setelah tindakan peningkatan siklus I 75,75% dan siklus II 87,87%.
id IOS2728.13880
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:59Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810573567590400
score 17.538404