EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen )

Main Author: ERAWATI, PEBRIANA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13815/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/8/Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/12/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/21/Lampiran-Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/
ctrlnum 13815
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13815/</relation><title>EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL&#xD; ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen )</title><creator>ERAWATI, PEBRIANA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar matematika. (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SLTP N 2 Sambirejo Tahun 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5%, diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar siswa dengan Fa =17,397, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fb =13,876, (3) Tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fab = 0,809.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13815/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13815/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13815/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13815/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13815/8/Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13815/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13815/12/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13815/21/Lampiran-Lampiran.pdf</identifier><identifier> ERAWATI, PEBRIANA (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070070</relation><recordID>13815</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ERAWATI, PEBRIANA
title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen )
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13815/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/8/Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/12/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/21/Lampiran-Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13815/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar matematika. (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SLTP N 2 Sambirejo Tahun 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5%, diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar siswa dengan Fa =17,397, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fb =13,876, (3) Tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fab = 0,809.
id IOS2728.13815
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810573362069504
score 17.538404