PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: JAYANTI, JAYANTI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13813/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/14/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/
ctrlnum 13813
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13813/</relation><title>PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA&#xD; SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011) </title><creator>JAYANTI, JAYANTI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N I&#xD; Kaliwungu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan&#xD; penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang mau mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 32,26%, di akhir tindakan menjadi 90,32%. 2) Siswa yang memperhatikan penjelasan guru selama&#xD; proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 22,58%, di akhir tindakan menjadi 87,09%. 3) Siswa yang aktif mengajukan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 12,90%, di akhir tindakan menjadi 70,97%. 4) Siswa&#xD; yang aktif dalam bertanya terhadap guru atau siswa lainnya sebelum diadakan tindakan sebesar 22,58%, di akhir tindakan menjadi 80,65%. 5) Siswa semangat dalam belajar sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, di akhir tindakan&#xD; menjadi 74,19%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah diadakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan siswa yang memperoleh nilai &#x2265;60 sebesar 25,81% dan&#xD; di akhir tindakan menjadi 83,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar matematika dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13813/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13813/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13813/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13813/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13813/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13813/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13813/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13813/14/Lampiran.pdf</identifier><identifier> JAYANTI, JAYANTI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070221</relation><recordID>13813</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author JAYANTI, JAYANTI
title PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13813/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/14/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13813/
contents Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N I Kaliwungu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang mau mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 32,26%, di akhir tindakan menjadi 90,32%. 2) Siswa yang memperhatikan penjelasan guru selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 22,58%, di akhir tindakan menjadi 87,09%. 3) Siswa yang aktif mengajukan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 12,90%, di akhir tindakan menjadi 70,97%. 4) Siswa yang aktif dalam bertanya terhadap guru atau siswa lainnya sebelum diadakan tindakan sebesar 22,58%, di akhir tindakan menjadi 80,65%. 5) Siswa semangat dalam belajar sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, di akhir tindakan menjadi 74,19%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah diadakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan siswa yang memperoleh nilai ≥60 sebesar 25,81% dan di akhir tindakan menjadi 83,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar matematika dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing.
id IOS2728.13813
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810573354729472
score 17.538404