PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROGRAM LINEAR PADA SISWA DENGAN PENDEKATAN CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT (CRA) (PTK Pembelajaran Kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono)

Main Author: ARVIANTO, ILHAM RAIS
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13810/1/2.Cover_-_Abstrak.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13810/2/3.BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13810/3/4.BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13810/4/5.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13810/6/6.BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13810/8/7.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13810/12/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13810/14/9.Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13810/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep program linear pada siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono melalui penggunaan multimedia pembelajaran dengan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono yang berjumlah 38 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman konsep program linear, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis meningkat dari 18,4% menjadi 60,5%, (2) banyaknya siswa yang memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari 7,9% menjadi 31,6%, dan (3) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan meningkat dari 2,6% menjadi 52,6%. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran dengan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) dapat meningkatkan pemahaman konsep program linear pada siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono