ctrlnum 13809
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13809/</relation><title>PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO</title><creator>Sumarno, Garnis Zulaekha</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas&#xD; belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh&#xD; tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk&#xD; mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua&#xD; terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian&#xD; deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas Siswa&#xD; VIII SMP Negeri 2 Banyudono berjumlah 205 siswa, sedangkan sampel 136&#xD; siswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah tehnik propotional random&#xD; sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi.&#xD; Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas.&#xD; Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian&#xD; menggunakan &#x3B1; = 5% menunjukkan 1) &#x201D;Ada pengaruh yang signifikan fasilitas&#xD; belajar terhadap prestasi belajar matematika&#x201D; dapat diterima. Hal ini berdasarkan&#xD; analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel sebesar 12,635 &gt; 3,914&#xD; dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,001 &lt; 0,05. 2) &#x201C;Ada pengaruh yang&#xD; signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika&#x201D;&#xD; dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa&#xD; Fhitung &gt; Ftabel sebesar 3,280 &gt; 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,041 &lt;&#xD; 0,05.3) &#x201C;Ada interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua&#xD; terhadap prestasi elajar matematika&#x201D; tidak dapat diterima. Hal ini berdasarkan&#xD; analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung &lt; Ftabel sebesar 1,230 &lt; 3,066&#xD; dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,296 &gt; 0,05.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13809/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13809/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13809/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13809/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13809/10/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13809/11/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13809/15/DAFTAR_PUSTAKA_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13809/16/LAMPIRAN_.pdf</identifier><identifier> Sumarno, Garnis Zulaekha (2011) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><recordID>13809</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sumarno, Garnis Zulaekha
title PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13809/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13809/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13809/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13809/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13809/10/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13809/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13809/15/DAFTAR_PUSTAKA_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13809/16/LAMPIRAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13809/
contents Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas Siswa VIII SMP Negeri 2 Banyudono berjumlah 205 siswa, sedangkan sampel 136 siswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah tehnik propotional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) ”Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 12,635 > 3,914 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,001 < 0,05. 2) “Ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 3,280 > 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,041 < 0,05.3) “Ada interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi elajar matematika” tidak dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung < Ftabel sebesar 1,230 < 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,296 > 0,05.
id IOS2728.13809
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:55Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810573339000832
score 17.538404