ctrlnum 13767
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13767/</relation><title>PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011</title><creator>UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Strategi everyone is a teacher&#xD; here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta&#xD; yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar dan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan makanan dan kesehatan.&#xD; Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran mencapai 90,90 %, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 27,27 %, pada putaran I sebesar 36,36 %, pada putaran II sebesar 72,72 %, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan&#xD; ide sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45 %, pada putaran II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27 %, pada putaran I mencapai daya serap 45,45 %, pada putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13767/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13767/2/03_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13767/3/04_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13767/9/05_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13767/11/06_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13767/18/07_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13767/19/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13767/20/09_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070259</relation><recordID>13767</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI
title PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13767/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13767/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13767/3/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13767/9/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13767/11/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13767/18/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13767/19/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13767/20/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13767/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar dan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan makanan dan kesehatan. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran mencapai 90,90 %, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 27,27 %, pada putaran I sebesar 36,36 %, pada putaran II sebesar 72,72 %, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45 %, pada putaran II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27 %, pada putaran I mencapai daya serap 45,45 %, pada putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
id IOS2728.13767
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:54Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:55Z
recordtype dc
_version_ 1765810572909084672
score 17.538404