UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | OKTARIA, MAYA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13758/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/6/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/8/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/10/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/13/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/15/8._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/18/9._Lampiran-lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/ |
ctrlnum |
13758 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13758/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011</title><creator>OKTARIA, MAYA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian
ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan
hipotesis penelitian, yaitu: “melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada kelas V SD N Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar Matematika yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I 20,94% yang tuntas belajar meningkat menjadi 88,74% pada siklus II dan pada
siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 60. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada
siswa kelas V SD Negeri Pajang III Tahun Pelajaran 2010/2011. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/1/2._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/6/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/8/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/10/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/13/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/15/8._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/18/9._Lampiran-lampiran.pdf</identifier><identifier> OKTARIA, MAYA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070126</relation><recordID>13758</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
OKTARIA, MAYA |
title |
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13758/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/6/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/8/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/10/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/13/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/15/8._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/18/9._Lampiran-lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13758/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian
ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan
hipotesis penelitian, yaitu: “melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada kelas V SD N Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar Matematika yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I 20,94% yang tuntas belajar meningkat menjadi 88,74% pada siklus II dan pada
siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 60. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada
siswa kelas V SD Negeri Pajang III Tahun Pelajaran 2010/2011. |
id |
IOS2728.13758 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:54Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:38:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810572875530240 |
score |
17.538404 |