UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: OKTARIA, MAYA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13758/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/6/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/8/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/10/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/13/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/15/8._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/18/9._Lampiran-lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/
ctrlnum 13758
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13758/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF&#xD; MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011</title><creator>OKTARIA, MAYA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian&#xD; ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan&#xD; hipotesis penelitian, yaitu: &#x201C;melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada kelas V SD N Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011&#x201D;. Dibuktikan dengan hasil belajar Matematika yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I 20,94% yang tuntas belajar meningkat menjadi 88,74% pada siklus II dan pada&#xD; siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 60. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada&#xD; siswa kelas V SD Negeri Pajang III Tahun Pelajaran 2010/2011. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/1/2._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/6/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/8/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/10/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/13/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/15/8._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13758/18/9._Lampiran-lampiran.pdf</identifier><identifier> OKTARIA, MAYA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070126</relation><recordID>13758</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author OKTARIA, MAYA
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13758/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/6/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/8/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/10/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/13/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/15/8._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/18/9._Lampiran-lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13758/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada kelas V SD N Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar Matematika yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I 20,94% yang tuntas belajar meningkat menjadi 88,74% pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 60. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Tahun Pelajaran 2010/2011.
id IOS2728.13758
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:54Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:55Z
recordtype dc
_version_ 1765810572875530240
score 17.538404